Bujuk Marc Marquez Bergabung, Ducati Terapkan Trik Rayu Alex Terlebih Dahulu

Oleh Liputan6.com pada 25 Mei 2019, 13:45 WIB
Marc Marquez dan Alex Marquez

Le Mans - Pramac Racing dikabarkan berencana menggaet pembalap Spanyol, Alex Marquez, untuk menjadi salah satu pembalap mereka pada MotoGP 2020. Ternyata, ada misi lain di balik manuver tersebut, yang berhubungan dengan Marc Marquez

Ducati disebut-sebut menerapkan strategi itu untuk mendatangkan kakak Alex, Marc Marquez, untuk kompetisi setahun kemudian.

Kebenaran diskusi antara Alex dan Pramac dikonfirmasi kedua belah pihak setelah pembalap berusia 23 tahun itu memenangi Moto2 Le Mans, Prancis akhir pekan lalu. Alex sudah merasa siap naik ke kelas tertinggi dan Pramac mengaku diskusi ini mereka lakukan sebagai langkah antisipasi hengkangnya Jack Miller.

Di lain sisi, Ducati juga tengah mencari-cari pebalap yang bisa merebut gelar dunia MotoGP, prestasi yang sudah tak mereka cicipi sejak 2007 lewat Casey Stoner. Andrea Dovizioso nyaris mendapatkannya pada 2017 dan 2018.

Baru-baru ini Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, mengaku lewat La Gazzetta dello Sport bahwa Marc merupakan rider terkuat hingga Honda sangat mendominasi MotoGP. ini memunculkan keinginan Ducati untuk merebutnya.

"Marc rider yang mampu mengubah sejarah balap motor. Jujur saja, adakah orang yang bisa memberi tahu saya, siapa rider yang lebih kuat daripada Marc? Kita tahu jawabannya. Lihat peringkatnya di klasemen, lalu lihat rider Honda lainnya. Tanpa Marc, Honda takkan memenangkan apa pun selama beberapa tahun terakhir," ujar Ciabatti.

Bergabungnya Marc Marquez ke Ducati pada 2021 bukanlah hal mustahil. Rider berusia 26 tahun tersebut sudah tujuh tahun membela pabrikan Honda dan kontraknya akan habis pada akhir 2020.

 

2 of 3

Harus Sediakan 15 Juta Euro 

Marc Marquez
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (AFP/Jean-Francois Monier)

Demi menggaet pebalap asal Cervera tersebut, Ducati juga tampaknya bersedia menyaingi besaran dana balap Honda, yang kabarnya mencapai 15 juta euro per tahun hanya untuk menyediakan kebutuhan finansial dan teknis bagi Marquez.

Selain itu, kemungkinan Alex bergabung dengan Pramac, dan kedatangan Marc ke tim pabrikan Ducati, membuat keduanya bakal mengendarai motor yang sama. Dengan begitu, kedua rider ini bisa saling bantu membawa Ducati menjadi tim dan motor terbaik di MotoGP.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓