Sambut MotoGP Italia, Rossi Punya Kans Dekati Rekor Agostini

Oleh Yus Mei Sawitri pada 30 Mei 2019, 17:45 WIB
Valentino Rossi

Bola.com, Mugello - Valentino Rossi punya kisah manis dengan Sirkuit Mugello yang menjadi venue MotoGP Italia. The Doctor akan berusaha kembali membangkitkan kisah apiknya tersebut sekaligus mendekati rekor Giacomo Agostini pada balapan MotoGP Italia, Minggu (2/6/2019). 

Kisah cinta antara Rossi dan Grand Prix Italia berawal pada 1997, ketika The Doctor mengemas kemenangan pertama di Mugello pada kelas 125 cc. Pada tahun itu Rossi juga mengemas gelar juara dunia untuk kali pertama setelah memenangi 11 dari 15 balapan dalam semusim.  

Kemenangan kedua Rossi di Mugello dibukukan pada kelas 250cc, tepatnya pada 1999. Setelah itu dia puasa kemenangan di Mugello selama dua musim, saat berkiprah di kelas 500cc. 

Ketika kelas premier bertransformasi menjadi MotoGP, pembalap asal Tavullia tersebut membangun kejayaan di Mugello. Dia bahkan dijuluki Raja MotoGP Italia karena berhasil juara tujuh kali beruntun. 

Rentetan kemenangan Rossi dimulai pada 2002 hingga 2008. Namun, setelah itu Rossi puasa kemenangan hingga kini di MotoGP Italia. Sudah lebih dari 10 tahun dia tak juara di balapan kandangnya. 

Total, Rossi mengantongi sembilan kemenangan di Mugello, pada berbagai kategori. Koleksi kemenangannya belum juga bertambah. 

Rossi punya kans untuk menyudahi paceklik kemenangannya di Grand Prix Italia pada Minggu ini. Jika berhasil naik podium tertinggi di Mugello, Rossi juga akan mencatatkan kemenangan pertamanya dalam dua tahun. 

Kemenangan juga akan membuat Valentino Rossi mendekati rekor pembalap legendaris Giacomo Agostini. Sang legenda tersebut tercatat mengantongi 13 kemenangan di Grand Prix Italia, meski saat itu masih digelar di Sirkuit Monza. Mampukah Rossi mencetak kemenangan ke-10 di Grand Prix Italia?