Tegang dengan Dovizioso, Marquez Memuji Rossi Jelang MotoGP Italia

Oleh Wiwig Prayugi pada 02 Jun 2019, 14:15 WIB
Marc Marquez Rajai Sirkuit Le Mans

Bola.com, Tuscany - Marc Marquez start terdepan pada balapan MotoGP Italia, di Sirkuit Mugello, Minggu (2/6/2019) malam WIB. 

Marquez merebut pole setelah mengalahkan Fabio Quartararo. Namun, Baby Alien dianggap melakukan provokasi pada pembalap Ducati, Andrea Dovizioso pada babak kualifikasi Q2 itu. 

Marquez memang tampil sangat agresif dengan menyalip Dovizioso di tikungan 11. Akibatnya, Dovizioso keluar trek. Marquez kembali membuntuti Dovizioso. Akhirnya Dovizioso harus memulai balapan dari posisi kesembilan. 

"Posisi pole adalah kombinasi kecepatan dan strategi. Awalnya saya tidak menerapkan strategi itu, tetapi saya melihat Pirro (Michele), mengikuti saya," kata Marquez. 

Marquez menilai Ducati sengaja menempatkan Pirro untuk mengganggunya. Itu sebabnya, ia menerapkan strategi dengan mengikuti Dovizioso. Marquez melihat sisi positif dari hal itu. 

"Yang penting sekarang adalah kami dalam kondisi baik. Ini adalah sirkuit yang sulit. Kali ini mereka (Ducati) terlihat kesulitan, meskipun saya pikir Dovizioso tidak menderita sebanyak yang dia kira. Saya yakin dia akan berjuang keras demi podium," ucap Marquez. 

Dovizioso juga mengeluhkan aksi Marquez. Menurut rider Italia itu, apa yang dilakukan Marquez berlebihan. Namun, Dovi tak ingin mempermasalahkan dan siap berjuang maksimal nanti. 

Berbicara tentang strategi balapan, pembalap berusia 26 tahun itu justru memuji Valentino Rossi. "Valentino telah memberi contoh yang baik dalam strategi dalam kualifikasi dan dia selalu menemukan cara untuk mencapai tujuannya. Saya belajar banyak dari dia," ucapnya.

Pada MotoGP Italia musim lalu, Marc Marquez jatuh pada lap kelima, setelah kehilangan keseimbangan hingga keluar dari lintasan. Marquez melanjutkan balapan, namun ia hanya dunia di posisi ke-16. 

Sumber: Crash/InSella