Marquez Dinilai Sengaja Mengalah dari Quartararo di Kualifikasi MotoGP Catalunya Demi Strategi

Oleh Hesti Puji Lestari pada 16 Jun 2019, 15:30 WIB
Marc Marquez dan Fabio Quartararo

Bola.com, Barcelona - Marc Marquez dikabarkan Crash.net, Minggu (16/6/2019), sengaja mengalah dari Fabio Quartataro dalam perebutan pole MotoGP Catalunya demi strategi. Setidaknya, itulah pendapat pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi.

Menurut rider bejuluk The Doctor, Marquez adalah pembalap yang cerdas. Ia sengaja mengalah untuk mempelajari kelemahan dan kelebihan para pesaingnya.

"Marquez tidak hanya cepat. Menurutku, ia juga sangat cerdas. Marquez selalu mempelajari setiap pesaingnya," ujar Rossi mengutip Crash.net.

Menurut Rossi, membiarkan Quartararo memimpin balapan adalah satu di antara strategi Marquez untuk kembali menjadi yang terdepan. 

"Setelah mempelajari para pesaingnya, Marquez akan menentukan pilihan. Apakah dia akan membiarkan rivalnya memulai pole di grid pertama atau ia sendiri yang akan berada di sana," tambah Rossi.

Seolah membenarkan pernyataan Valentino Rossi, Marc Marquez mengatakan kepada wartawan Italia jika sempat mengamati ban yang baru dipakai Rossi kala menjalani FP2. "Saya mengikuti Rossi di FP2 dan saya tahu dia memakai ban baru," ujar Marquez kepada Crash.net.

Wajar saja jika rider Repsol Honda ini menggunakan strategi khusus. Starting grid untuk MotoGP Catalunya, Minggu (16/6/2019), memang sedikit berbeda. Marquez menjadi satu-satunya rider non-Yamaha yang berada di lima grid terdepan.

Sumber: Crash.net