Lorenzo Bikin Duo Yamaha dan Dovizioso Keluar dari Balapan, Marquez Punya Pandangan Berbeda

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 17 Jun 2019, 06:45 WIB
Marc Marquez dan Jorge Lorenzo

Bola.com, Barcelona - Pembalap Repsol Honda sekaligus pemenang MotoGP Catalunya 2019, Marc Marquez, memberikan pembelaan terhadap rekan setimnya, Jorge Lorenzo, yang menjadi penyebab tersingkirnya dua pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, serta pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, di awal balapan di Sirkuit Catalunya, Minggu (16/6/2019).

Sebuah insiden di tikungan 10 lap kedua MotoGP Catalunya 2019 membuat situasi balapan langsung berubah drastis. Pertarungan antara Marquez, Dovizioso, dan Vinales di tiga posisi terdepan langsung berantakan karena ulah Lorenzo yang berada di posisi keempat.

Lorenzo tergelincir ketika menikung ke kiri dan menyenggol motor milik Dovizioso. Pembalap Ducati itu terjatuh dan motornya menyenggol motor Vinales yang akhirnya juga terjatuh.

Tak hanya sampai di situ, efek dari jatuhnya motor tersebut berimbas buruk juga bagi Valentino Rossi yang berada di peringkat kelima. Rossi yang berusaha menghindar akhirnya terjatuh karena benturan dari motor Lorenzo yang mengarah ke motornya.

Keempat pembalap itu pun harus tersingkir dari balapan saat baru berjalan dua lap. Hal itu membuat Marquez pun melenggang sendirian di posisi terdepan hingga menyelesaikan 24 lap di Sirkuit Catalunya.

Marquez yang akhirnya menjadi yang tercepat dalam seri MotoGP Catalunya itu memberikan pembelaan kepada Lorenzo yang dianggap sebagai penyebab utama insiden di lap kedua yang membuat jalannya balapan tidak menarik lagi karena jatuhnya Dovizioso, Vinales, dan Rossi.

"Tentu saja jika Anda melihat insiden itu, orang-orang akan mengatakan 'apa yang dilakukan Lorenzo?', tapi bagi saya tidak seperti itu. Lorenzo berada di jalurnya. Sayangnya, ia kehilangan keseimbangan di ban depan dan Dovi dan Vinales keluar dari jalur mereka, jadi motor itu menabrak mereka," ujar Marquez seperti dilansir Crash.

Menjadi pemenang MotoGP Catalunya tanpa tekanan berarti dari rival-rivalnya, Marc Marquez pun sukses mengukuhkan dirinya di puncak klasemen MotoGP 2019 dengan 140 poin dari tujuh balapan yang sudha dilewatinya. Marquez unggul 37 poin dari Dovizioso yang tak berhasil menyelesaikan balapan kali ini.