Vinales Juga Bingung Kecepatannya Jauh Mengungguli Rossi

Oleh Yus Mei Sawitri pada 30 Jun 2019, 15:30 WIB
Maverick Vinales

Bola.com, Assen - Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mengaku tak memahami penyebab kecepatannya pada latihan bebas dan kualifikasi MotoGP Belanda jauh mengungguli rekan setimnya, Valentino Rossi. 

Kecepatan Vinales pada kualifikasi membuatnya bakal start dari posisi kedua di MotoGP Belanda, Minggu (30/6/2019). Di sisi lain, Rossi harus start dari urutan ke-14. Pole di MotoGP Belanda diraih pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. 

Rossi setelah kualifikasi mengaku kebingungan karena kalah cepat dibanding tiga pembalap Yamaha lainnya. Ternyata, Vinales juga mengungkapkan komentar senada. 

Tanda-tanda Rossi kesulitan di Assen sudah terlihat sejak sesi latihan bebas ketiga. Dia gagal lolos langsung ke kualifikasi kedua karena terlempar di posisi ke-14. Di kualifikasi kedua, The Doctor kembali gagal tampil mengesankan sehingga terpaksa start dari posisi yang kurang menguntungkan. 

"Mungkin kami berbagi satu motor yang bagus. Satu balapan dipakai saya, kemudian gantian. Tidak, tidak. Bukan seperti itu," kata Vinales sembari bercanda, seperti dilansir Crash

"Sejujurnya sulit menjelaskannya. Ini tergantung trek dan situasi. Beberapa balapan lalu, saya tak cukup percaya diri dengan ban depan untuk membuat motor melaju kencang. Jadi, kemajuan yang saya rasakan setelah Mugello (MotoGP Italia), berhubungan dengan ban depan," ujar Vinales. 

"Saya merasa lebih baik dengan motor ini, saya bisa melaju dengan gaya sendiri. Sulit mengatakan apa yang terjadi. Di Montmelo (MotoGP Catalunya) Valentino sangat kuat, jadi sulit mengatakan apa yang terjadi," sambung Maverick Vinales

 

2 of 2

Berharap Kompetitif Saat Balapan

Meskipun impresif pada sesi latihan bebas dan kualifikasi, Vinales mengakui harus membuktikan dengan balapan yang tangguh. Sejauh ini, Vinales belum mengantongi kemenangan. 

Prestasi terbaik pembalap Spanyol tersebut pada MotoGP 2019 adalah meraih podium ketiga di Jerez. 

"Setelah Mugello kami membuat langkah positif. Assen adalah trek yang sangat saya sukai dan saya akan menggeber motor dengan sebaik mungkin. Saat kualifikasi saya tahu bisa berada di baris terdepan dan sangat gembira setelah memastikan posisi kedua," urai Vinales. 

"Kami telah bekerja keras sepanjang akhir pekan untuk balapan. Jadi kami akan berusaha bekerja dengan cara itu sehingga saya bisa sekompetitif seperti saat latihan bebas," imbuh dia. 

 

Lanjutkan Membaca ↓