Marquez Lebih Khawatirkan Ancaman Dovizioso ketimbang Quartararo

Oleh Yus Mei Sawitri pada 03 Agu 2019, 10:30 WIB
Marc Marquez

Bola.com, Brno - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, lebih mengkhawatirkan ancaman Andrea Dovizioso ketimbang Fabio Quartararo pada balapan MotoGP Ceska 2019, Minggu (4/8/2019). 

Dovizioso merajai latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Ceska dengan catatan waktu 1 menit 56,919 detik, Jumat (2/8/2019). Namun, pada FP2 giliran Quartararo yang mencatatkan waktu lap tercepat 1 menit 55,802 detik, sedangkan Dovi menghuni posisi keempat. 

Marc Marquez konsisten menghuni posisi kedua pada FP1 dan FP2. Jika dibandingkan catatan waktunya, Quartararo merupakan pembalap tercepat pada Jumat. Namun, Marquez justru lebih memberi perhatian lebih kepada Dovi yang terlihat lebih cepat. 

"Memang pada hari ini perbedaan antarpembalap penghuni 10 besar lebih besar dibanding pada beberapa balapan terakhir. Tapi, performa pada lima lap pertama dan 15 lap selanjutnya adalah hal berbeda," kata Marquez, seperti dilansir Crash

"Ban sangat cepat tergerus, sehingga performa motor menjadi sulit dipahami. Ketika Anda memakai ban baru, kecepatan motor menjadi lebih cepat mendekati dua detik. Kemudian ketika ban tergerus, kecepatan berkurang 1 detik hingga 1,5 detik per lap. Jadi sangat penting fokus pada ban dan itu yang kami lakukan," imbuh Marc Marquez. 

Penampilan apik Quartararo pada FP2 jelas tak bisa diabaikan Marquez. Namun, pembalap berjuluk Baby Alien itu punya alasan lebih mewaspadai ancaman Dovizioso dengan motor Ducatinya. 

"Saat ini menurut saya yang tercepat adalah Dovi. Dia yang bisa menjaga performa dan kecepatan dengan lebih baik. Bahkan, pada tahun lalu dia menikmati balapan yang hebat," terang Marc Marquez

 

2 of 2

Percaya Diri

Pembalap Spanyol itu menyambut MotoGP Ceska dengan sangat percaya diri. Dia telah mengantongi keunggulan 58 poin atas peringkat kedua, Dovizioso, dan sedang mengincar kemenangan keenam pada musim ini. 

Di sisi lain, Dovizioso baru mengantongi satu kemenangan pada MotoGP 2019 dan belum benar-benar menemukan performa terbaiknya. 

Dovizioso dalam beberapa kesempatan mengeluhkan kinerja motor Ducati yang tak menunjukkan perkembangan signifikan, terutama dibandingkan dengan Honda dan Yamaha. 

Lanjutkan Membaca ↓