Honda Akui Prioritaskan Pengembangan Motor untuk Mengakomodasi Marc Marquez

Oleh Yus Mei Sawitri pada 03 Agu 2019, 17:15 WIB
Marc Marquez, MotoGP

Bola.com, Brno - Direktur Teknik Honda Racing Corporation, Takeo Yokoyama, mengungkap dengan tegas arah pengembangan motor Honda ke depan. Dia menegaskan pengembangan motor diprioritaskan untuk mengakomodasi Marc Marquez.

Pernyataan Yokoyama tersebut menjawab komentar Jorge Lorenzo dan Cal Crutchlow beberapa waktu lalu. Mereka berharap motor Honda lebih mudah dikendarai oleh semua pembalap, baik tim pabrikan maupun satelit. Menurut Lorenzo dan Crutchlow, motor Honda terlalu fokus mengakomodasi Baby Alien.

Namun, kebijakan Honda tampaknya tak akan berubah dalam waktu dekat.

"Cal selalu banyak bertanya dan suka berbicara. Saya suka bekerja sama dengannya. Dia bagus dalam memberikan soal indikasi untuk motor. Honda tentu saja bekerja untuk semua pembalap. Tak sering terjadi kami perlu mengambil langkah yang berbeda, tapi jika diperlukan kami akan melakukannya," kata Yokoyama, seperti dilansir GP One, Sabtu (3/8/2019).

"Tapi pernah saya katakan sebelumnya, prioritas pengembangan kami adalah Marquez. Dia juara dunia dan kami ingin menang lagi," imbuh dia.

Saat ditanya apakah Honda tak khawatir Marquez akan mengambil jeda dari MotoGP, Yokoyama menjawab santai.

"Jangan khawatir, itu tak akan terjadi. Marc Marquez seorang juara dan saya tak bisa mengabaikan fakta bahwa dia bisa menutupi kelemahan motor dengan cara membalapnya. Dia sangat membantu kami dalam pengembangan dan sangat mengetahui apa yang dibutuhkannya untuk melaju kencang," urai Yokoyama.

 

2 of 2

Kondisi Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo
Rider Repsol Honda Team, Jorge Lorenzo. (Twitter/Repsol Honda Team).

Keputusan Honda menduetkan Marquez dan Lorenzo awalnya tampak tampak sempurna, karena keduanya memiliki gaya membalap berbeda. Harapannya motor RC213V bisa lebih mudah dikendarai semua pembalap. Tapi, rencana Honda tak berjalan mulus.

"Jorge butuh waktu lama daripada yang saya dan kami prediksi untuk bisa melaju cepat dengan motor Honda. Tapi, dia akan segera kembali dan itu pasti," kata Yokoyama.

"Kami tahu gaya membalapnya dan memahami beradaptasi tak akan mudah, tapi cedera membuat semuanya menjadi lebih rumit. Setiap kali Jorge merasakan sesuatu yang bagus di motor, sesuatu terjadi," imbuh Yokoyama.

Lanjutkan Membaca ↓