Direktur Ducati: Jika Tak Ada Marquez Kami Jadi Juara Dunia MotoGP

Oleh Yus Mei Sawitri pada 29 Agu 2019, 10:15 WIB
Marc Marquez, MotoGP

Bola.com, London - Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, mengakui Marc Marquez sosok yang fenomenal dan sulit disaingi di MotoGP. Dia mengklaim jika tak ada Marquez, Ducati pasti sudah kembali menggenggam titel juara dunia MotoGP. 

Harapan Ducati merebut gelar juara dunia pembalap pada MotoGP 2019 semakin jauh dari kenyataan. Andrea Dovizioso yang digadang-gadang menjadi ujung tombak Ducati justru semakin ditinggalkan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez

Setelah MotoGP Inggris 2019, Minggu (25/8/2019), Dovizioso sudah tertinggal 78 poin dari Marquez. Pada balapan tersebut, Marquez menjadi runner up setelah kalah berduel dengan pembalap Suzuki, Alex Rins. Nasib Dovizioso bahkan sangat apes karena sudah terjatuh pada lap pertama. 

Dovi sempat disebut-sebut sebagai salah satu favorit juara dunia MotoGP 2019. Ramalan tersebut tampak masuk akal ketika dia menjuarai balapan pertama di MotoGP Qatar. Namun, setelah itu dia puasa kemenangan, hingga baru kembali naik podium utama di MotoGP Austria, dua pekan lalu.  

Kemampuan Dovizioso untuk menjadi pesaing Marquez dalam pacuan juara dunia MotoGP 2019 mulai diragukan. Marquez seperti sosok dari planet lain, nyaris tak tersentuh. 

"Marquez pembalap yang fenomenal, tentu saja seperti Casey Stoner. Tak ada pembalap lain yang saat ini bisa membalap sekonsisten dirinya dan menyamai level Marquez. Saya rasa itu adalah fakta," kata Ciabatti, seperti dilansir Speedweek, Rabu (28/8/2019). 

"Fakta lainnya, jika Marc Marquez tak jadi bagian olahraga ini, kami jelas menjadi juara dunia pada 2017 dan 2018 bersama Dovi. Kami juga akan memimpin klasemen sementara musim ini di posisi kedua dan ketiga," imbuh Ciabatti. 

 

2 of 2

Level Baru

Andrea Dovizioso
Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso. (AFP/Martin Bureau)

Menurut Ciabatti, keberadaan Marc Marquez telah mengubah MotoGP. 

"Ingat saja bahwa Cal Crutchlow, pembalap kedua terbaik Honda di klasemen, berada di posisi kesembilan, kita bisa melihat Marquez telah membawa balapan MotoGP ke level baru," ujar Ciabatti. 

"Saya bilang ini dengan respek penuh terhadap seluruh pembalap. Satu hal lagi, siapa yang memenangi balapan tahun ini selain Marquez? Dovi dua kali, Danilo Petrucci sekali, dan Alex Rins sekali. Keseimbangan kami benar-benar impresif," ujar Ciabatti. 

Sumber: Speedweek

Lanjutkan Membaca ↓