MotoGP 2020 Berpeluang Bekurang 2 Seri

Oleh Defri Saefullah pada 09 Sep 2019, 09:30 WIB
MotoGP

Jakarta - Rancangan jadwal MotoGP 2020 sudah dibuat dan ada 20 seri MotoGP yang disiapkan. Meski begitu, ada dua seri yang kemungkinan dicoret yaitu MotoGP Republik Ceska dan Finlandia.

Kontrak MotoGP Republik Ceska berakhir hingga 2020. Namun semua ini bisa berubah kalau tidak ada pembicaraan kontrak anyar.

Selain masalah tersebut, beberapa pembalap juga mendesak agar sirkuit Brno di Ceska untuk diaspal ulang. Pasalnya, sirkuit ini diaspal ulang terakhir kali pada 2008.

Sedangkan MotoGP Finlandia terkendala dengan kemungkinan tidak lolos uji sirkuit (homologasi). Apalagi berdasarkan tes terakhir di KymiRing, banyak pembalap mengeluh.

Kalau kedua seri ini dicoret, Dorna sebagai penyelenggara MotoGP kemungkinan akan mencari pengganti dan MotoGP Portugal di Portimao dinilai cocok.

 

2 of 2

Persetujuan

MotoGP, Valentino Rossi
Jumlah seri di MotoGP 2020 belum finis (Vincent Jannink / ANP / AFP)

Rumornya, penyelenggara balapan di Portimao Portugal sudah mengontak Dorna. Mereka bersedia jadi pengganti kalau dua seri itu dicoret.

Sebelumnya, Portimao sudah teken kontrak anyar selama tiga tahun bersama WSBK hingga 2022. sirkuit ini sudah tak menyelenggarakan balapan selama 7 tahun sejak terakhir pada 2012.

Kini, Portugal punya kartu as karena mereka punya pembalap potensial Miguel Oliveira. Pembalap ini saat ini membela Red Bull KTM Tech3.

Tanda-tanda Portimao di Portugal jadi jadwal pengganti juga diungkapkan Presiden Federasi Balap Motor Dunia (FIM). Dia mengatakan persetujuan dengan Portugal sudah terjalin saat mereka bicarakan kemungkinan Portimao gelar MotoGP pada 2022.

"Tak ada yang lebih ingin lihat MotoGP kembali ke Portugal selain saya," ujarnya di akun media sosial.

Sumber: MotoGP, Twitter

Disadur dari: Liputan6.com, penulis Defri Saefullah, editor Achmad Yani Yustiawan, published 9/9/2019

 

Lanjutkan Membaca ↓