Marc Marquez Ungkap Manfaat Penting Berlatih Motocross untuk Pembalap MotoGP

Oleh Yus Mei Sawitri pada 30 Sep 2019, 16:30 WIB
MotoGP Belanda 2019

Bola.com, Jakarta - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengatakan menunggangi motor motocross bukan sekadar hobi bagi dirinya. Menurutnya, menggeber motocross juga membawa manfaat penting, salah satunya membantu mengurangi terjatuh saat menunggangi motor MotoGP. 

Beberapa pembalap MotoGP memang dikenal suka menggeber motorcross di sela-sela kompetisi, maupun saat senggang. Selain Marc Marquez, beberapa pembalap lain yang juga menggemari motocross antara lain Valentino Rossi, Fabio Quartararo, Danilo Petrucci, hingga Andrea Dovizioso. 

Marquez kerap berlatih di MX track, bersama mantan juara MX asal Spanyol, Jose Luis Martinez dan adiknya, Alex. 

"Saya memulai semuanya di motocross. Ini lebih dari sekadar latihan, tapi sebuah gairah. Saya benar-benar suka mengendarai motor motocross," kata Marquez, seperti dilansir Speedweek. 

Saat ditanya apa alasan yang membuat banyak bintang MotoGP menggeber motor motocross, Marquez memberi jawaban mendetail. 

"Setiap lap berbeda di trek MX. Anda bisa melahap lap demi lap, dan kemudian tiba-tiba ada lebih banyak pembalap di trek dan lintasan berubah. Jadi, Anda harus bereaksi cepat untuk menemukan jalan dan tak kehilangan kecepatan," urai Marquez. 

"Anda harus mencobanya dengan cara berbeda. Motocross benar-benar membantu mencegah pembalap terjatuh atau bagaimana merespons dengan simpel saat menggeber motor MotoGP," imbuh Marc Marquez.  

 

2 of 2

Di Ambang Juara

Marc Marquez, MotoGP Aragon 2019
Ekspresi Marc Marquez di podium juara MotoGP Aragon 2019, di Motorland Aragon, Minggu (22/9/2019). (AFP/Javier Soriano)

Frekuensi Marc Marquez mengalami crash pada musim ini menurun dibandingkan dua musim terakhir. Fakta itu juga menjelaskan mengapa Marquez sudah di ambang juara meskipun musim ini MotoGP 2019 masih menyisakan lima seri.

Pembalap berjuluk Baby Alien tersebut berpeluang menyegel gelar juara dunia MotoGP 2019 pada seri berikutnya di Thailand. Syaratnya, Marquez harus mendulang dua poin lebih banyak dibanding Dovizioso.

Jika melihat konsistensi Marquez pada musim ini, skenario tersebut tak mustahil bisa terjadi.

Saat ini, Marquez berkibar perkasa di puncak klasemen sementara MotoGP 2019 dengan raihan 300 poin. Dia unggul 98 poin atas Dovizioso yang menempati urutan kedua.

Lanjutkan Membaca ↓