Menyalip Fabio Quartararo di Lap Terakhir MotoGP Thailand, Marc Marquez Juara Dunia 2019

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 06 Okt 2019, 14:55 WIB
Marc Marquez

Bola.com, Buriram - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengukuhkan diri menjadi juara dunia MotoGP 2019 setelah menjadi yang tercepat di MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram, Minggu (6/10/2019). Berada di peringkat kedua sepanjang balapan, Marquez menusuk dan menjadi yang tercepat di lap terakhir yang membuatnya meraih podium utama sekaligus membuatnya resmi menjadi juara dunia MotoGP 2019.

Marc Marquez meraih kemenangan kesembilan pada MotoGP 2019 di Buriram. Mengawali balapan dari posisi ketiga, Marquez berada di posisi kedua sepanjang 25 lap pertama, atau terus mengekor Fabio Quartararo yang berada di posisi terdepan. Baru pada lap terakhir balapan, pembalap asal Spanyol itu memberikan tekanan lebih besar dan berhasil mengambil alih posisi pimpinan balapan.

Pembalap Repsol Honda itu merayakan kemenangan dengan menyodok bola delapan di meja biliar yang ada di dekat lintasan. Namun, tak hanya itu saja, Marquez memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2019.

Kemenangan di Buriram membuat Marquez kini mengoleksi 325 poin. Dengan menyisakan empat seri balapan lagi di musim 2019, Marquez tak mungkin lagi terkejar oleh pesaing-pesaingnya, terutama Andrea Dovizioso yang baru mengoleksi 215 poin, terpaut 110 poin di belakang Marc Marquez.

2 of 3

Serunya MotoGP Thailand 2019

Sedikit gangguan terjadi tepat sebelum start dimulai. Jack Miller harus melarikan motornya ke pit karena ada gangguan.

Sementara itu, balapan tetap dimulai sesuai jadwal dan Fabio Quartararo yang menempati pole position. Pembalap Petronas Yamaha itu mampu mempertahankan posisi terdepan dengan dikuntit terus oleh Marc Marquez yang langsung menggeser posisi Maveric Vinales saat start.

Selama tiga lap pertama, duel ketat terjadi di posisi terdepan. Fabio Quartararo harus terus berusaha melarikan diri dari kejaran Marquez. Sementara, Vinales tak ingin kehilangan jarak dari dua pembalap di depannya.

Persaingan tak kalah seru juga terlihat di perebutan posisi keenam antara Joan Mir dan Valentino Rossi. Dua pembalap yang memulai balapan dari posisi kedelapan dan kesembilan itu bertarung seru dan akhirnya The Doctor mampu mengambil alih posisi keenam pada lap keempat.

Memasuki lap ke-11, Quartararo mulai melebarkan jaraknya dengan Marquez yang ada di belakangnya. Begitu pun jarak antara Marquez dan Vinales yang berada di posisi ketiga semakin menjauh, membuat hanya dua pembalap yang bersaing untuk posisi terdepan.

Sementara itu, Valentino Rossi masih berkutat dengan persaingannya dengan Joan Mir di deretan tengah. Keduanya justru merosot ke posisi ketujuh dan kedelapan saat balapan sudah berjalan 10 lap.

Marquez mulai menekan ketika balapan tinggal menyisakan 12 lap. Pembalap Repsol Honda itu tak melepaskan ban belakang Quartararo dari pandangannya dan memberikan tekanan terus menerus untuk bisa menggeser pembalap Yamaha itu dari posisi terdepan.

Tekanan dari Marc Marquez makin terasa bagi Quartararo ketika memasuki lap ke 22. Pembalap Repsol Honda itu sempat berada di samping Quartararo sebelum kembali ke belakangnya karena tikungan yang membuatnya harus kembali ke posisi kedua.

Menekan terus selama empat lap terakhir, Marquez akhirnya mengambil alih posisi terdepan pada awal lap terakhir. Pembalap asal Spanyol itu menekan masuk dan mengambil sisi kiri Quartararo saat hendak menikung ke kanan dan tampak begitu meyakinkan.

Quartararo sempat berusaha mengambil alih pimpinan balapan ketika memasuki tikungan terakhir balapan, tapi Marquez langsung menggesernya lagi ke posisi kedua. Marquez pun berhasil menjadi yang tercepat dalam balapan di Buriram ini dan makin kukuh di puncak pembalap MotoGP dengan 325 poin, yang sekaligus mengukuhkan statusnya sebagai juara dunia MotoGP 2019.

Sementara podium pertama dan kedua menjadi milik Marquez dan Quartararo, podium ketiga menjadi milik Maverick Vinales. Sepanjang balapan berlangsung tak mampu menekan ke depan maupun mendapatkan tekanan dari belakang.

3 of 3

Hasil Balapan MotoGP Thailand 2019

POS	Pembalap		Tim
1	Marc Marquez		Repsol Honda (RC213V)
2	Fabio Quartararo	Petronas Yamaha (YZR-M1)*
3	Maverick ViƱales	Monster Yamaha (YZR-M1)
4	Andrea Dovizioso	Ducati Team (GP19)
5	Alex Rins		Suzuki Ecstar (GSX-RR)
6	Franco Morbidelli	Petronas Yamaha (YZR-M1)
7	Joan Mir		Suzuki Ecstar (GSX-RR)*
8	Valentino Rossi		Monster Yamaha (YZR-M1)
9	Danilo Petrucci		Ducati Team (GP19)
10	Takaaki Nakagami	LCR Honda (RC213V)
11	Francesco Bagnaia	Pramac Ducati (GP18)*
12	Cal Crutchlow		LCR Honda (RC213V)
13	Pol Espargaro		Red Bull KTM Factory (RC16)
14	Jack Miller		Pramac Ducati (GP19)
15	Andrea Iannone		Factory Aprilia Gresini (RS-GP)
16	Miguel Oliveira		Red Bull KTM Tech3 (RC16)*
17	Tito Rabat		Reale Avintia Ducati (GP18)
18	Jorge Lorenzo		Repsol Honda (RC213V)
19	Karel Abraham		Reale Avintia Ducati (GP18)
 	Hafizh Syahrin		Red Bull KTM Tech3 (RC16)
 	Aleix Espargaro		Factory Aprilia Gresini (RS-GP)
Lanjutkan Membaca ↓