Deretan Angka Setelah Marc Marquez Menjuarai MotoGP 2019

Oleh Rizki Hidayat pada 07 Okt 2019, 05:45 WIB
Marc Marquez Segel Gelar Juara Dunia MotoGP 2019

Bola.com, Buriram - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil meraih titel juara dunia MotoGP 2019. Torehan tersebut membuat Marquez telah merengkuh delapan gelar juara dunia di berbagai kelas.

Pembalap asal Spanyol itu tampil impresif pada MotoGP Thailand yang berlangsung di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Minggu (6/10/2019). Mengawali balapan dari posisi ketiga, Marquez sukses meraih podium juara.

Marc Marquez menyudahi balapan 26 lap MotoGP Thailand dengan catatan waktu 39 menit 36,223 detik. Dia unggul 0,171 detik atas Fabio Quartararo yang menampati podium kedua.

Sementara itu, Maverick Vinales berada di peringkat ketiga dan terpaut 1,380 detik dari Marquez. Melengkapi urutan lima besar dihuni Andrea Dovizioso dan Alex Rins.

Hasil tersebut membuat pria berusia 26 tahun itu kukuh bercokol di puncak klasemen pembalap. Dia mendulang 325 poin, unggul 110 angka atas Andrea Dovizioso yang berada di tempat kedua.

Meski balapan masih menyisakan empat seri lagi, yakni Jepang, Australia, Malaysia, dan Valencia, peroleh poin Marquez tak mungkin lagi dikejar para rivalnya. Dia pun berhak atas titel juara dunia MotoGP 2019. 

Status juara pada tahun ini melengkapi koleksi delapan gelar juara dunia yang diraih Marquez di berbagai kelas, dengan perincian enam trofi di MotoGP, satu di Moto2, dan satu titel juara di kelas 125cc.

Sejumlah pencapaian membanggakan juga diukir pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut. Berikut ini adalah deratan angka dibalik keberhasilan Marc Marquez meraih gelar juara dunia yang kedelapan.

2 of 3

Data dan Fakta

Marc Marquez
Marc Marquez menjadi juara dunia MotoGP 2019. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)

26 - Marc Marquez adalah pembalap termuda yang memenangkan enam gelar juara dunia di kelas utama, dalam usia 26 tahun dan 231 hari. Dia mengalahkan rekor Giacomo Agostini, yang berusia 29 tahun dan 25 hari ketika memenangkan gelar juara dunia yang kenam di kelas utama pada GP Jerman Timur 1971.

8 - Marquez juga menjadi pembalap termuda sepanjang masa yang merengkuh delapan gelar juara dunia di berbagai kelas. Pembalap asal Spanyol itu melampaui torehan Mike Hailwood, yang meraih gelar juara dunia yang kedelapan dalam usia 27 tahun dan 112 hari.

6 - Marc Marquez bersama Valentino Rossi dan Giacomo Agostini, merupakan jajaran pembalap yang berhasil meraih enam gelar juara dunia di kelas utama.

8 - Marquez adalah satu dari enam pembalap yang berhasil meraih delapan atau lebih titel juara dunia di semua kelas. Selain Marquez ada Carlo Ubbiali (9 titel), Mike Hailwood (9), Valentino Rossi (9), Angel Nieto (13), dan Giacomo Agostini (15).

13 - Hanya satu pembalap Spanyol yang memenangkan lebih banyak gelar juara dunia dibandingkan Marc Marquez, yakni Angel Nieto yang memenangkan 13 trofi (tujuh di kelas 125cc dan enam di kelas 50cc). Nieto meraih gelar tersebut dari 1969 hingga 1984.

 

3 of 3

Data dan Fakta

Marc Marquez
Pembalap Respol Honda, Marc Marquez, mengklaim gelar MotoGp 2019 menjadi yang terbaik dalam catatan kariernya di lintasan. (AFP/Lillian SUWANRUMPHA)

5 - Marc Marquez setidaknya memenangkan lima balapan per musim (di setiap kelas) dalam 10 tahun terakhir. Dia menyamai rekor yang dibuat Giacomo Agostini antara 1966 sampai 1975 di kelas 350cc dan 500cc.

8 - Marquez setidaknya memenangkan delapan balapan dalam lima musim yang berbeda (di setiap kelas), menyamai Giacomo Agostini dan Angel Nieto. Hanya Valentino Rossi yang lebih baik, dengan setidaknya delapan kemenangan dalam delapan musim berbeda.

79 - Podium juara yang diraih Marc Marquez di MotoGP Thailand, membuatnya telah meraih 79 kemenangan sepanjang kariernya di balap motor semua kelas.

130 - Marc Marquez telah meraih 130 podium dalam kariernya di semua kelas. Pada musim ini, dia meraih 14 podium yang sembilan di antaranya adalah finis terdepan.

89 - Pembalap berjuluk The Baby Alien itu juga berhasil menorehkan 89 pole di semua kelas. Khusus di MotoGP musim ini, dia sembilan kali meraih pole position.

Sumber: MotoGP, Repsol Honda

Lanjutkan Membaca ↓