Setelah Indonesia, MotoGP Bakal Bergulir di Brasil

Oleh Wiwig Prayugi pada 12 Okt 2019, 15:45 WIB
Jorge Lorenzo

Bola.com, Rio de Janeiro - MotoGP mengonfirmasi kerja sama lima tahun untuk menghelat ajang itu di Brasil pada kalender balap 2022. Dengan bertambahnya Brasil, total balapan menjadi 22 seri.

Terakhir kali Brasil menggelar Grand Prix ialah pada 2004. Jacarepagua menjadi tuan rumah Grand Prix Rio de Janeiro pada 1995 dan 2004, sedangkan Grand Prix Brasil berlangsung di Goiania pada 1987 dan 1989 dan Interlagos pada 1992.

"Brasil akan menggelar MotoGP 2022. Ini merupakan kemajuan besar bagi kota kami," kata Marcelo Crivella, Walikota Rio de Janeiro, seperti dikutip dari Crash.

“Pembangunan sirkuit Deodoro adalah proyek yang spektakuler, dengan investasi luar biasa dan menjadikan Rio mendapatkan kembali peran utama dalam ajang besar," lanjutnya.

Tahun lalu, Dorna menandatangani perjanjian awal untuk MotoGP Brasil pada tahun 2021 dengan trek baru yang sedang dibangun di Rio de Janeiro melalui perusahaan lokal Rio Motorsport.

Panjang sirkuit Deodoro 4,5 km dengan perkiraan waktu putaran 1m 38detik. Sirkuit ini diharapkan selesai pada 2021.

"Saya sangat bangga mengumumkan bahwa MotoGP akan kembali digelar di Rio de Janeiro, satu di antara kota yang benar-benar ikon di dunia dan di negara yang luar biasa," kata Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports.

2 of 2

Tertunda 8 Tahun

MotoGP Thailand
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berusaha mengejar Fabio Quartararo, pada MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram, Minggu (6/10). Pembalap asal Spanyol itu menyudahi balapan 26 lap dengan catatan waktu 39 menit 36,223 detik. (AP/Gemunu Amarasinghe)

Menurut Ezpeleta, MotoGP Brasil akan mendatangkan sesuatu yang berbeda.

“Brasil adalah pasar penting untuk sepeda motor, balap motor, dan motorsport, dengan sejarah yang bisa dibanggakan dan masa depan cerah," tegasnya.

Brasil sebelumnya menargetkan kembali ke kalender MotoGP pada 2014. Namun, rencana tersebut gagal diwujudkan. 

Sumber: Crash

Lanjutkan Membaca ↓