Geber Motor Honda RC213V, Johann Zarco Merasa Seperti Rookie

Oleh Rizki Hidayat pada 25 Okt 2019, 22:40 WIB

Diperbarui 27 Okt 2019, 03:16 WIB

Pembalap LCR Honda, Johann Zarco.

Bola.com, Victoria - Johann Zarco melakoni debutnya bersama LCR Honda pada latihan bebas MotoGP Australia, Jumat (25/10/2019). Bisa memacu motor Honda RC213V, Zarco merasa seperti seorang rookie.

Pembalap berusia 29 tahun tersebut memutuskan untuk menerima tawaran dari LCR Honda, setelah memutuskan untuk menyudahi kerja sama dengan Red Bull KTM Factory Racing pada paruh musim ini.

Dia menggantikan peran Takaaki Nakagami yang harus absen akibat menjalani operasi bahu, pasca-MotoGP Jepang 2019. Johann Zarco pun bakal membalap bersama LCR Honda dalam tiga seri terakhir, yakni Australia, Malaysia, dan Valencia.

Dia telah tampil bersama LCR Honda pada latihan bebas MotoGP Australia. Dalam latihan bebas pertama (FP1) di Sirkuit Phillip Island, Zarco berada di peringkat ke-13 dengan menorehkan waktu 1 menit 41,052 detik.

Dia tertinggal 2,095 detik dari Maverick Vinales yang tampil tercepat. Johann Zarco memacu motor Honda RC213V hingga kecepatan 323,4 km/jam. Padahal saat itu, lintasan dalam kondisi basah karena diguyur hujan.

Sementara itu, pada latihan bebas kedua (FP2), dia menempati peringkat ke-15 namun dengan catatan waktu yang lebih baik. Johann Zarco mengukir waktu 1 menit 30,441 detik.

 

2 of 2

Seperti Rookie

Pebalap MotoGP Diprediksi Kian Meredup di Musim 201
2. Johann Zarco - Pebalap kelahiran Prancis yang sempat menarik perhatian usai catatkan performa gemilang di awal musim 2018. Tercatat musim lalu enam podium berhasil diraih bersama Monster Yamaha Tech 3. (AFP/Franck Fife)

Memacu motor Honda RC213V, Zarco merasa seperti seorang rookie. Pasalnya, dia harus kembali beradaptasi dan memacu motor hingga kecepatan 300 km/jam dalam kondisi lintasan basah.

"Dalam kondisi basah benar-benar sulit untuk memberikan komentar, saya seperti seorang rookie (pemula) untuk memulai kembali memacu motor pada kecepatan 300 km/jam," ujar Zarco.

"Cukup bagus, karena saya sangat berhati-hati. Saya berada di posisi tengah klasifikasi jadi ini tidak buruk. Itu sangat dingin, sedikit menakutkan. Tetapi dalam keadaan takut, saya tidak super lambat. Jadi itu merupakan sisi positif," paparnya.

Sumber: Motorsport

Lanjutkan Membaca ↓