Gagal Raih Podium pada Balapan Ke-400, Valentino Rossi Tetap Puas

Oleh Rizki Hidayat pada 27 Okt 2019, 18:45 WIB

Diperbarui 29 Okt 2019, 09:16 WIB

Valentino Rossi

Bola.com, Victoria - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menjalani balapan yang ke-400 (125cc, 250cc, 500cc, MotoGP) di MotoGP Australia. Sayangnya, Rossi gagal meraih podium.

Menjalani lomba di Sirkuit Phillip Island, Minggu (27/10/2019) siang WIB, legenda MotoGP itu menempati posisi start keempat. Dia pun langsung melesat ke urutan depan begitu balapan dimulai.

Akan tetapi, Valentino Rossi gagal mempertahankan keunggulan tersebut. Pada lap ke-4, Rossi disalip Cal Crutclow dan tak lama berselang Andrea Iannone yang mengambil alih tempat The Doctor.

Posisi pembalap berusia 40 tahun itu pun terus melorot dan akhirnya harus puas finis di peringkat kedelapan. Valentino Rossi tertinggal 15,841 detik dari Marc Marquez yang berhasil meraih podium juara.

Bagi Rossi, ini adalah balapan ke-44 tanpa kemenangan. Terakhir kali pembalap asal Italia itu finis terdepan adalah pada MotoGP Belanda musim 2017.

Hasil ini pun menyamai catatan tanpa kemenangan Valentino Rossi sejak membalap di kelas utama (125cc, 250cc, 500cc, MotoGP) pada 1996. Terakhir kali dia menorehkan tren minor serupa terrjadi dari MotoGP Australia musim 2010 hingga seri Belanda pada 2013.

 

2 of 2

Tetap Puas

Valentino Rossi
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. (AFP/Tobias Schwarz)

Bukan hanya itu, Rossi juga gagal meraih podium dalam 14 balapan secara beruntun. Sejauh ini, catatan The Doctor tanpa podium adalah 16 grand prix.

Meski tak meraih hasil yang kurang memuaskan dalam balapan yang ke-400 dan menyudahi tren buruk, Valentino Rossi mengaku tetap puas dengan penampilannya di MotoGP Australia musim ini.

"Itu adalah start yang bagus dan cara yang sangat baik untuk merayakan balapan saya yang ke-400, untuk tetap sedikit berada di depan. Itu adalah emosi yang hebat," papar Rossi.

"Pada akhirnya, pasti hasilnya tidak fantastis. Tetapi, saya tidak begitu jauh dari Jack Miller di podium (ketiga) dan mampu membalap dengan cara yang lebih baik," lanjutnya.

"Saya lebih kompetitif dibandingkan akhir pekan lalu (di MotoGP Jepang). Tetapi, bagaimanapun kami membutuhkan lebih banyak penampilan bagus. Kami harus lebih kuat. Kami perlu bekerja," papar Valentino Rossi.

Sumber: MotoGP

Lanjutkan Membaca ↓