Marc Marquez Ungkap Penyebab Kecelakaan pada Kualifikasi MotoGP Malaysia

Oleh Rizki Hidayat pada 03 Nov 2019, 05:00 WIB

Diperbarui 04 Nov 2019, 07:16 WIB

Marc Marquez Segel Gelar Juara Dunia MotoGP 2019

Bola.com, Sepang - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, terjatuh dari motornya pada sesi kualifikasi MotoGP Malaysia, Sabtu (2/11/2019). Marquez menyebut kecelakaan tersebut akibat meniru gaya membalap Fabio Quartararo.

Dalam sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Marc Marquez berusaha keras mencatatkan waktu terbaik demi meraih pole position. Meski begitu, torehan waktunya masih kalah cepat dibandingkan duo Petronas Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Sayangnya, upaya Marquez meraih posisi start terdepan harus kandas saat kualifikasi menyisakan dua menit lagi. Pembalap asal Spanyol itu terlempar dari motornya pada Tikungan 2.

Kehilangan daya cengkram ban depan membuat Marc Marquez tak mampu mengendalikan motor Honda RC213V miliknya. Alhasil, Marquez sempat melayang beberapa meter di udara, sebelum akhirnya membentur aspal dengan cukup keras.

"Saya baik-baik saja. Tentu saja, saya merasakan sakit di seluruh tubuh, tetapi itu adalah kecelakaan yang besar," ujar Marquez.

"Kami mengatur motor dengan cara untuk memiliki ritme (balapan) yang bagus, tetapi kami berjuang untuk satu putaran (kecepatan), terutama pada perubahan arah dan motor sedikit tidak stabil," lanjutnya.

"Mungkin hari ini saya terlalu banyak mendorong. Pembalap Yamaha, ketika mereka memiliki ban baru, mereka sangat cepat dan mereka dapat mengubah arah dengan cara yang baik."

“Saya berada di belakang Quartararo, dia mengubah arah dan saya coba menirunya. Tetapi, saya malah jadi melayang," papar Marc Marquez.

 

2 of 2

Start dari Posisi 11

MotoGP Thailand
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berusaha mengejar Fabio Quartararo, pada MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram, Minggu (6/10). Pembalap asal Spanyol itu menyudahi balapan 26 lap dengan catatan waktu 39 menit 36,223 detik. (AP/Gemunu Amarasinghe)

Akibat insiden tersebut, Marc Marquez harus puas mengawali MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (3/11/2019) siang WIB, dari peringkat 11. Dia mencatatkan waktu 1 menit 59,178 detik, tertinggal 0,875 detik dari Fabio Quartararo yang meraih pole position.

Meski gagal menempati posisi start terdepan, Marquez diprediksi masih akan bersaing memperebutkan podium juara. Dari 17 seri yang sudah dijalani di MotoGP 2019, pembalap berusia 26 tahun tersebut berhasil 11 kali finis terdepan.

Sumber: Motorsport

Lanjutkan Membaca ↓