Tak Masuk 100 Besar Atlet Terkaya, Ini Pendapatan Marc Marquez dan Valentino Rossi

Oleh Wiwig Prayugi pada 06 Jan 2020, 20:30 WIB
Diperbarui 06 Jan 2020, 20:30 WIB
Valentino Rossi dan Marc Marquez

Bola.com, Jakarta - Marc Marquez dan Valentino Rossi merupakan pembalap yang memiliki popularitas tinggi. Tak hanya di arena, mereka juga menjadi selebriti di luar balapan.

Namun, urusan pendapatan, pembalap motor masih kalah bersaing dengan bintang-bintang cabang olahraga lainnya, sepak bola, bola basket, American football, tenis, tinju, dan Formula 1.

Berdasarkan data Forbes, Rossi dan Marquez tidak masuk dalam daftar 100 besar atlet dengan pendapatan terbesar. Posisi 100 besar didominasi oleh pesepak bola, di antaranya Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar.

Kemudian LeBron James, Stephen Curry, dan Kevin Durrant, pebasket NBA yang masuk daftar 10 besar.

Dari balap, hanya Lewis Hamilton dan Sebastian Vetel yang masuk 100 besar. Hamilton di posisi ke-13 dengan pendapatan 55 juta USD per tahun. Sementara, Vettel meraih 40 juta USD per tahun. Dia ada di posisi ke-30.

Lalu, berapa pendapatan Rossi dan Marquez?

Valentino Rossi meraih pendapatan 22 juta USD, dari gaji dan sponsor. Namun, pendapatan Rossi masih kalah dengan pemain kriket asal India, Virat Kohli yang meraih 25 juta USD per tahun.

2 dari 2 halaman

Gaji Marquez Lebih Tinggi

Lewati Duel Sengit, Marquez Juara MotoGP Australia
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez memimpin balapan dalam MotoGP Australia yang berlangsung di Phillip Island (22/10). Dalam balapan ini, Marquez yang coba merangsek ke depan sempat menyenggol Rossi. (AFP Photo/Paul Crock)

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, merupakan rider yang mendapatkan gaji tertinggi pada MotoGP 2019 dan 2020. Baby Alien, julukan Marquez, mendapatkan bayaran senilai 15 juta dolar AS atau setara Rp212,3 miliar per tahun. 

Marquez diperkirakan menerima pendapatan total 25 juta USD per tahun.

Seperti dikutip dari Sportsmaza dan BBC, bayaran Marc Marquez mengalahkan Valentino Rossi. Gaji itu didapat Marquez untuk musim 2019 dan 2020. 

Rossi berada di posisi kedua. Pembalap berusia 40 tahun tersebut mendapat bayaran sebesar 10 juta dolar (Rp141,5 miliar) hingga MotoGP 2020.

Posisi ketiga ditempati oleh rider Ducati, Andrea Dovizioso. Pembalap Italia itu mendapat bayaran sebesar 7 juta dolar (Rp99 miliar) hingga MotoGP 2020.

 

Sumber: Forbes, Sportsmaza, BBC

 

Lanjutkan Membaca ↓