Cedera Belum Pulih, Marc Marquez Mulai Panaskan Mesin dengan Gokart

Oleh Wiwig Prayugi pada 17 Jan 2020, 16:45 WIB
Diperbarui 17 Jan 2020, 16:45 WIB
Juara Dunia MotoGP, Moto2, dan Moto3 Tahun 2019

Bola.com, Jakarta - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang masih menjalani proses pemulihan bahu kanan, mulai berlatih di atas mesin menjelang MotoGP 2020. Meski begitu, mesin ia kendarai bukanlah motor, melainkan gokart.

Rider Spanyol ini diketahui mengalami dislokasi parsial pada bahu usai terjatuh keras di sesi kualifikasi MotoGP Sepang, Malaysia, dan uji coba pascamusim di Jerez, Spanyol, pada November lalu.

Dua hari setelah terjatuh di Jerez, ia segera menjalani operasi, menghindari cedera serupa yang pernah dialami bahu kirinya usai kecelakaan pada 2014, namun memburuk karena baru dioperasi pada Desember 2018.

Belakangan, Marquez menyatakan bahwa proses pemulihan kali ini tak semudah bayangannya. Sejauh ini ia juga baru menjalani latihan di gym dan fisioterapi, dan belakangan menjalani balapan lari gunung di Cervera, Spanyol.

"Saya ingin proses pemulihan saya lebih baik. Rasanya cukup sulit, agak berat. Tahun lalu, saya operasi di bahu kiri, dan pemulihannya berbeda. Kali ini, tampaknya lebih mudah, tapi kenyataannya tidak. Saya harap saya bisa turun di uji coba Malaysia," kata Marc Marquez via Marca.

2 dari 2 halaman

Didampingi Fisioterapis

Marc Marquez
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, semakin kukuh di puncak klasemen sementara setelah menjuarai MotoGP Prancis 2019. (AFP/Jean-Francois Monier)

Belum juga berlatih di atas motor, Marquez pun mulai berlatih gokart untuk memeriksa mobilitas bahunya. Ia didampingi oleh Carlos Garcia, yakni fisioterapis anggota Clinica Mobile MotoGP yang mengurusnya tahun lalu dan tahun ini.

"Stimulan baru untuk bahuku! Hari pertama main karting!" ujar Marquez via Twitter pada Kamis (16/1/2020).

Marquez dijadwalkan untuk turun lintasan dalam uji coba pramusim MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada 7-9 Februari mendatang, yang dilanjut dengan uji coba di Losail, Qatar, pada 22-24 Februari.

 

Sumber: Marca, Twitter

Disadur dari: Bola.net, published 17/1/2020)

Lanjutkan Membaca ↓