Sukses


3 Pebalap Indonesia yang Pernah Mengikuti Ajang Moto2 Satu Musim Penuh

Bola.com, Jakarta Indonesia telah dipastikan memiliki wakil di kelas Moto2 Kejuaraan Dunia Balap Motor tahun 2020. Adalah Andi Farid Izdihar atau yang akrab disapa Andi Gilang

Pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, itu akan memperkuat Honda Team Asia yang artinya menggantikan posisi pebalap Indonesia lainnya, Dimas Ekky Pratama.

Seperti Dimas, Andi Gilang bakal berpartner dengan pebalap Thailand, Somkiat Chantra yang di Moto2 2019 mengemas 23 poin.

Pada artikel ini, Bola.com mengajak pembaca untuk melihat lagi pembalap Indonesia yang pernah mengikuti kelas Moto2 (dimulai tahun 2010 menggantikan kelas 250 cc):

2 dari 4 halaman

1. Doni Tata Pradita

Sebelum tampil satu musim penuh di Moto2 2013, Doni Tata sempat mencicipi persaingan kelas 250 cc pada tahun 2008. Kala itu berkat andil Yamaha Indonesia, Doni Tata hanya meraih satu poin hasil finis posisi 15 di GP China.

Sementara di Moto2 2013, pebalap asal Yogyakarta itu memperkuat salah satu tim papan atas, Federal Oil Gresini Moto2.

Masuknya Doni Tata di Gresini tidak lain lantaran keberadaan perusahaan asal Indonesia, Federal Oil yang berstatus sponsor utama.

Sayangnya Doni Tata kembali gagal bersinar. Hasil finis terbaiknya adalah posisi 15 di GP Australia, yang artinya mendapat satu poin.

3 dari 4 halaman

2. Rafid Topan Sucipto

Keberadaan nama Rafid Topan Sucipto di daftar pebalap yang mengikuti Moto2 2013 sangat mengejutkan kala itu.

Maklum satu musim sebelumnya, Topan masih berkiprah di Kejuaraan Nasional Balap Motor Underbone, Indoprix. Pebalap asal Jakarta itu harus berterima kasih kepada Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta.

Karena berkat hubungan baik antara IMI DKI Jakarta dengan tim asal Qatar, QMMF Racing Team, Topan bisa menjadi rekan setim pebalap Australia, Anthony West.

Tapi seperti halnya Doni Tata, Rafid Topan juga gagal berbicara banyak. Dia bahkan urung finis zona poin dengan hasil terbaik posisi 20 di GP Australia.

4 dari 4 halaman

3. Dimas Ekky Pratama

Dimas Ekky Pratama adalah pebalap Indonesia terkini yang bisa merasakan ketatnya persaingan di kelas Moto2.

Dimas direkrut Idemitsu Honda Team Asia, tim yang memiliki afiliasi dengan timnya di Indonesia, Astra Honda Racing Team.

Berbeda dengan Doni Tata dan Topan, Dimas tampil di Moto2 setelah berpengalaman mengikuti kelas Moto2 ajang CEV Moto2 selama beberapa musim.

Hanya saja rangkaian cedera, dan mengharuskannya absen berlomba sebanyak tujuh lomba berturut-turut, membuat nama Dimas tenggelam. Hasil finis terbaiknya hanya posisi 18 di GP Malaysia.*

Video Populer

Foto Populer