Sukses


Top Speed Yamaha Masih Kalah dari Ducati dan Honda, Valentino Rossi: Ini Masalah

Bola.com, Jakarta - Pembalap pengendara motor Yamaha YZR-M1 tampil kompetitif selama tes pramusim MotoGP 2020, baik di Sirkuit Sepang, Malaysia maupun Sirkuit Losail, Qatar.

Namun data statistik menarik dari tes Qatar terlihat jika membandingkan top speed semua motor pabrikan. Hasilnya Yamaha masih tertinggal jauh dari Ducati maupun Honda.

Top speed terbaik motor Yamaha YZR-M1 di Losail jadi milik Maverick Vinales. Itupun hanya 346,1 km/jam. Angka tersebut terpaut jauh jika dibandingkan dengan pembalap yang berada di atas.

Sebagai perbandingan, top speed tercepat di tes Losail digenggam oleh pembalap tim satelit Pramac Ducati: 355,2 km/jam. Artinya ada selisih sekitar 9 km/jam antara motor Vinales dengan Miller.

Angka 9 km/jam memang kecil, tapi sangat signifikan dalam duel trek lurus yang pemenangnya hanya dipisahkan sepersekian detik.

Nahasnya top speed Vinales sendiri masih kalah dari pembalap Honda terbaik: Cal Crutchlow (348,3 km/jam) dan pembalap Aprilia terbaik: Aleix Espargaro (349,5 km/jam).

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Komentar Valentino Rossi

Fakta di atas dapat perhatian dari pembalap senior Yamaha, Valentino Rossi. Menurutnya seperti beberapa musim terakhir, motor Yamaha YZR-M1 masih kewalahan menandingi kecepatan motor Honda RC213V maupun Ducati Desmosedici ketika duel pada sektor lurus.

Menurutnya ini merupakan sebuah masalah. Rossi pun menceritakan, pada tes di Losail, ia berusaha membuntuti pembalap tim satelit Ducati, Johann Zarco. Tetap saja, ia sulit menyalip pembalap asal Prancis itu pada sektor lurus.

"Masalahnya adalah ketika saya bersama Zarco, satu-satunya pembalap Ducati yang saya ikuti, dan saya sadar masih sulit menandinginya dalam hal akselerasi dan pada sektor lurus," kata Rossi.

"Untuk sekarang, performa motor saat melibas tikungan sangat baik. Tapi saya masih di belakang Zarco dan saya tidak bisa menyalipnya. Ini merupakan sebuah masalah," tambahnya.

Tentu fakta di atas mempersulit kans pembalap Yamaha mengalahkan pembalap Ducati maupun Honda saat tampil di sirkuit yang memiliki karakteristik cepat.

Sumber asli: GPone.com

Video Populer

Foto Populer