VIDEO: MotoGP Qatar Batal Digelar, Wabah Virus Corona di Italia Jadi Penyebab

Oleh Okie Prabhowo pada 02 Mar 2020, 09:43 WIB
Diperbarui 02 Mar 2020, 09:43 WIB

Bola.com, Madrid - Seri pertama MotoGP 2020 seharusnya digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 8 Maret. Namun, Dorna memutuskan untuk membatalkan seri perdana pada musim baru tersebut karena wabah virus Corona yang sudah menyebar ke Italia bagian utara.

Pertemuan secara marathon dilakukan antara Dorna, FIM dan IRTA, dan akhirnya memutuskan untuk membatalkan MotoGP Qatar. Namun, balapan di kelas Moto2, Moto3 serta Asia Telant Cup tetap akan berlangsung. Alasannya karena mereka sudah berada di Qatar untuk tes final pramusim.

Langkah pembatalan MotoGP Qatar tak lepas dari adanya pembatasan kunjungan ke negara Timur Tengah tersebut, terutama dari Italia. Seperti diketahui saat ini virus corona semakin parah di Italia. Korban jiwa telah mencapai angka puluhan orang. Pemerintah Qatar memutuskan penumpang dari Italia harus dikarantika terlebih dahulu selama menimal 14 hari jika mengunjungi negara mereka.

Penyelenggaraan MotoGP melibatkan kru ataupun pembalap yang berasal dari Italia. Pembalap macam Valentino Rossi, Franco Morbidelli hingga Andrea Dovizioso berasal dari Italia.

MotoGP berpeluang baru dimulai pada awal April 2020 di Circuit of the Americas, seperti dilansir Autosport. Hal itu karena seri kedua yang seharusnya digelar di Buriram, Thailand, juga kemungkinan akan dibatalkan. (Thomas/Liputan6.com) (Okie Prabhowo)