Ezpelata Masih Berharap MotoGP 2020 Bisa Digelar 19 Seri Penuh

Oleh Yus Mei Sawitri pada 14 Mar 2020, 19:15 WIB
Diperbarui 14 Mar 2020, 19:15 WIB
CEO Dorna, Carmelo Ezpelata

Bola.com, Jakarta - CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpelata, berharap MotoGP 2020 tetap bisa digelar 19 seri penuh meskipun ada penundaan beberapa balapan karena dampak virus corona. 

Perhelatan MotoGP 2020 belum juga bergulir karena dampak pandemi virus corona di dunia. Empat seri awal telah resmi ditunda, yaitu MotoGP Qatar, MotoGP Thailand, MotoGP AS, dan MotoGP Argentina.

Dengan penundaan tersebut, MotoGP Jerez disiapkan jadi seri pembuka MotoGP 2020. Balapan di Jerez akan digelar pada 1-3 Mei. 

Jika sesuai jadwal normal MotoGP 2020 akan selesai pada 27-29 November di seri Valenci. Namun, dengan adanya penundaan empat seri Ezpelata mengisyaratkan balapan akan selesai lebih lama, kemungkinan hingga akhir Desember atau lebih. 

"Sejak wabah corona dimulai, kami mengikuti instruksi masing-masing pemerintah (negara tuan rumah), kami juga melakukan kontak intens dengan promotor di Austin dan Argentina. Jika otoritas di sana mengatakan tak mungkin menggelar lomba di sana sekarang, kami akan berbicara ke grand prix lain untuk mencoba dan mengakomodasi. Saat ini kalender sudah ok, jika semuanya lanjut seperti ini," kata Ezpeleta, seperti dilansir Crash, Jumat (13/3/2020). 

"Seperti yang saya katakan pada konferensi pers di Qatar, ide kami untuk tetap melanjutkan balapan musim ini dengan menggelar semua seri. Itu tujuan kami," imbuh Ezpelata tentang rencana untuk MotoGP 2020.

"Tapi, jika sesuatu terjadi di luar prediksi, kami mengikuti situasi dengan tiap-tiap pemerintah dan terutama promotor. Kami terus berkomunikasi intens dengan FIM, IRTA, tim-tim, dan tentu saja promotor. Kami berusaha mengakomodasi semuanya saat ini," ujar Ezpelata.  

 

2 dari 2 halaman

Berharap Penonton Tetap Antusias

Andrea Iannone, MotoGP Amerika Serikat
Para pembalap MotoGP. (MotoGP.com)

Ezpelata juga berharap saat MotoGP 2020 bergulir fans tetap tertarik dan antusias. "Kami berharap musim MotoGP yang fantastis. Kami rasa musim ini akan menakjubkan, dan kami berharap MotoGP bisa dimulai sesegera mungkin," kata Ezpelata. 

"Balapan musim ini sedikit tertunda dari jadwal normal. Tapi, jika kita bisa mulai sesuai jadwal yang ada sekarang, MotoGP 2020 akan menjadi musim yang luar biasa." 

Saat konferensi pers di Qatar, Ezpelata mengatakan MotoGP harus menggelar minimal 13 seri untuk perebutan juara dunia. Hal itu sesuai aturan dari FIM. 

Sumber: Crash

Lanjutkan Membaca ↓