Sukses


Valentino Rossi Beri Sumbangan untuk Perangi Virus Corona di Italia

Jakarta - Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, memberi perhatian serius dan menunjukkan simpati besar terkait wabah virus corona yang sudah pandemi global, satu di antaranya berimbas parah di Italia. 

Pembalap berjuluk The Doctor tersebut dikabarkan menyumbangkan dana besar untuk penanganan wabah virus corona (Covid-19) di regional Marche, Italia. Kabar sumbangan Valentino Rossi tersebut dilansir media Italia, Corriere della Sport, pada Rabu (11/3/2020).

Italia merupakan salah satu negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi dunia. Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, bahkan telah mengeluarkan dekrit soal karantina seluruh warga negaranya mulai 9 Maret sampai 3 April 2020.

Pandemi corona juga berimbas besar pada perhelatan MotoGP 2020. Penyelenggara MotoGP merevisi jadwal musim ini. Seri MotoGP di Qatar dibatalkan, sementara seri Thailand, Austin (Amerika Serikat), dan Argentina ditunda sampai akhir tahun.

Seperti rider Italia lain, Valentino Rossi juga terpaksa tinggal di rumahnya yang ada di provinsi Pesaro dan Urbino.

 

2 dari 3 halaman

Bantu Rumah Sakit di Marche

Meski di rumah saja, bukan berarti Valentino Rossi berdiam diri melihat situasi negaranya yang sedang darurat. Menurut laporan Corriere della Sport, Rossi merupakan salah satu pendonor dana pertama yang mendukung penanganan Covid-19 di Rumah Sakit Marche Nord.

Penggalangan dana ini kabarnya digelar secara spontan oleh sekelompok warga lewat halaman 'GoFunMe-Italia' dan telah mengumpulkan 76.000 euro (Rp1,3 miliar) dari 3.000 orang peserta dalam tiga hari.

Sejak Selasa (10/3/2020), penggalangan dana ini dikoordinasi oleh Pemerintahan Pesaro. Bekerja sama dengan Rumah Sakit San Salvatore, mereka meluncurkan kampanye bertajuk 'Insieme per Marche Nord' yang berarti 'Bersatu untuk Marche Nord'.

 

3 dari 3 halaman

Sumbangkan Dana Besar

Semua dana yang terkumpul akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan para pasien Covid-19, termasuk membeli tempat tidur bagi pasien-pasien yang berada di Unit Perawatan Intensif (ICU).

Berikut pernyataan Rumah Sakit Marche Nord seperti yang dilansir Corriere della Sport.

"Asosiasi 'Insieme per Marche Nord' dibentuk demi menggalang dana untuk Rumah Sakit Marche Nord dalam penanganan darurat wabah virus corona. Terima kasih kepada masyarakat dan yayasan-yayasan yang telah memberikan kontribusi sejak kemarin. Salah satu orang pertama yang memberikan kontribusi besar adalah Valentino Rossi."

Sumber asli: Corriere Dello Sport, disadur dari Bola.net (Anindhya Danartikanya, published: 13/3/2020)

Disadur dari: Liputan6 (Editor Defri Saefullah, published: 14/3/2020).

Video Populer

Foto Populer