3 Persamaan Sosok Valentino Rossi-Marco Simoncelli

Oleh Hendry Wibowo pada 19 Mar 2020, 10:15 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 10:15 WIB
Mendiang Marco Simoncelli dan Valentino Rossi

Bola.com, Jakarta - Lomba MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, 23 Oktober 2011. Olahraga ini kehilangan salah satu bakat terbaik pada usia masih sangat muda, Marco Simoncelli, 24 tahun.

Marco Simoncelli meninggal dunia usai kecelakaan di trek yang nahasnya terlindas oleh salah satu sahabatnya, Valentino Rossi.

Rossi yang berstatus lebih senior, memang dikenal sangat dekat dengan Simoncelli. Maklum keduanya sama-sama berasal dari Italia.

Alhasil keduanya sering menghabiskan banyak waktu bersama. Tidak heran, dalam sebuah kesempatan, Rossi pernah mengatakan sangat sulit melupakan kejadian yang menimpa Simoncelli di Sepang tahun 2011.

Untuk sekadar mengingatkan hubungan Rossi-Simoncelli, Bola.com coba mengumpulkan tiga kesamaan perjalanan karier dua pembalap ini.

2 dari 4 halaman

1. Rambut Keriting Tebal

Valentino Rossi
Valentino Rossi saat masih berambut keriting tebal. (Istimewa)

Salah satu ciri khas sosok Marco Simoncelli adalah rambutnya yang kribo. Saking tebalnya, rambut sang pembalap masih terlihat ketika menggunakan helm.

Rossi sendiri pada awal kariernya di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor sempat cukup lama berambut kribo.

Meski pada perjalanannya, Rossi sering mengubah gaya rambutnya. Bedanya, Simoncelli sangat konsisten menampilkan rambut kribo.

3 dari 4 halaman

2. Juara Dunia Kelas 250cc

Marco Simoncelli_(AFP/Vincenzo Pinto)
Marco Simoncelli_(AFP/Vincenzo Pinto)

Karier Valentino Rossi melesat begitu cepat di Kejuaraan Dunia Balap Motor. Dia bahkan hanya butuh waktu dua tahun untuk jadi juara dunia kelas 250 cc musim 1999.

Persamaan dengan Simoncelli, dua pembalap ini sama-sama merasakan titel juara dunia kelas 250 cc terlebih dahulu sebelum naik kelas ke MotoGP.

Hanya saja bedanya, Simoncelli jadi juara dunia kelas 250 cc tahun 2008 atau tahun ketiganya di kelas ini. Usai juara, Simoncelli juga menghabiskan satu tahun lagi di 250 cc sebelum naik kelas ke MotoGP musim 2010.

4 dari 4 halaman

3. Mengendarai Motor Honda Saat Debut di MotoGP

Valentino Rossi
Valentino Rossi saat masih muda dan kalahkan Max Biaggi (AFP)

Simoncelli naik kelas dari 250 cc ke MotoGP pada tahun 2010. Saat itu, Simoncelli gabung tim satelit San Carlo Honda Gresini.

Menariknya jauh sebelumnya, Rossi juga mengendarai motor Honda saat menjalani debut di MotoGP. The Doctor-julukannya memperkuat Nastro Azzurro Honda pada tahun 2000.

Satu tahun setelah debutnya di kelas 500cc (nama sebelum MotoGP), ia langsung jadi juara dunia tahun 2001. Sayangnya Simoncelli sudah mengakhiri hidupnya ketika belum merasakan gelar terbaik di MotoGP.

Lanjutkan Membaca ↓