Flashback: Ketika Juara Dunia Moto2 Meredup di MotoGP

Oleh Hendry Wibowo pada 22 Mar 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 22 Mar 2020, 15:00 WIB
Johann Zarco

Bola.com, Jakarta - Siapa yang berani membantah persaingan kelas Moto2 bahkan acap kali lebih ketat ketimbang MotoGP. Pembalap yang menempati baris depan untuk memperebutkan pemenang bisa diisi lebih dari tiga pembalap.

Namun fakta membuktikan, mereka yang menjadi juara dunia Moto2 dan naik kelas ke MotoGP, tidak semua merasakan prestasi positif.

Beberapa ada yang tenggelam dan bahkan meninggalkan MotoGP tanpa pernah merasakan kemenangan. Predikat ini disandang Stefan Bradl, juara dunia Moto2 2011.

Padahal ketika juara dunia Moto2 2011, Bradl mengalahkan Marc Marquez. Namun kariernya di MotoGP tidak lebih dari peramai persaingan di baris tengah.

Prestasi terbaiknya hanya posisi kedua GP Amerika Serikat tahun 2013. Kini ia hanya berstatus pembalap penguji Honda.

Setali tiga uang untuk Esteve Rabat. Juara dunia Moto2 2014 ini memang masih berstatus pembalap MotoGP. Tapi berkarier selama lima tahun di MotoGP, ia bahkan belum merasakan podium satu pun.

Karier 'biasa saja' juga sedang dirasakan jebolan juara dunia Moto2 lainnya saat ini. Sebut saja Pol Espargaro, Franco Morbidelli sampai Pecco Bagnaia.

Kemudian ada Toni Elias, pembalap pertama yang merasakan titel juara dunia Moto2 musim 2010. Setelah momen itu, karier pembalap asal Spanyol itu di MotoGP meredup.

Elias memang merasakan satu kemenangan di GP Portugal 2006, namun itu diraihnya sebelum mengecap titel juara dunia Moto2.

2 dari 3 halaman

Johann Zarco Sempat Menjanjikan dan Marc Marquez Pengecualian

Juara Dunia MotoGP, Moto2, dan Moto3 Tahun 2019
Pembalap MotoGP Marc Marquez (tengah) bersama pembalap Moto2 Alex Marquez (kanan) dan pembalap Moto3 Lorenzo Dalla Porta berdiri bersama di depan Valencia Motorcycle Grand Prix, Spanyol, Minggu (17/11/2019). Ketiganya sukses merebut gelar juara dunia tahun 2019. (AP Photo/Alberto Saiz)

Johann Zarco sendiri sampai kini berstatus satu-satunya pembalap yang bisa juara dunia kelas Moto2 sebanyak dua kali.

Ketika naik kelas ke MotoGP musim 2017 dan 2018, kariernya sempat menjanjikan bersama tim satelit Tech 3 Yamaha. Dia meraih total enam podium dan empat pole position.

Namun keputusannya hengkang ke tim pabrikan KTM awal musim 2019, terbukti sebagai titik balik dalam kariernya. MotoGP 2020, ia bahkan nyaris tidak punya tim sebelum akhirnya ditampung tim satelit Ducati, Avintia.

Praktis sampai sekarang, satu-satunya pembalap juara dunia Moto2 yang bisa bersinar di MotoGP adalah Marc Marquez.

Dia merupakan juara dunia Moto2 2012. Naik kelas ke MotoGP tahun 2013, ia memecahkan banyak rekor dan mengecap titel juara dunia.

Bagaimana nasib adik Marc, Alex Marquez juara dunia Moto2 2019 di MotoGP musim ini? Jika melihat proses adaptasinya, karier Alex bakal sama seperti Bagnaia, Morbidelli atau Pol Espargaro.

Sumber: Dari berbagai sumberĀ 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓