Sukses


Flashback MotoGP: Sirkuit Sentul, Saksi Hidup Kehebatan Valentino Rossi Muda

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Internasional Sentul, Bogor pernah menggelar banyak event balap bergengsi dunia. Salah satunya Kejuaraan Dunia Balap Motor pada tahun 1996-1997.

Saat itu, kelas lomba yang berlagsung adalah 125cc, 250cc, dan 500cc belum seperti sekarang: Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Menariknya ada satu nama pembalap yang saat itu berlomba di Sirkuit Sentul dan kini masih berstatus pembalap aktif di MotoGP.

Sosok tersebut adalah Valentino Rossi. Ya, pada musim 1996-1997, Rossi muda sedang meniti karier di Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Dia mengikuti kelas 125cc di dua tahun tersebut dan tahun 1996 merupakan debutnya mengikuti Kejuaraan Dunia Balap Motor. Tercatat Rossi mengendarai motor Aprilia, yang saat itu berstatus tim papan atas di kelas 125cc.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Rekam Jejak Rossi di Sentul

Rossi sendiri tidak bisa berbuat banyak di GP Indonesia 1996. Berstatus lomba putaran kedua, 7 April 1996, The Doctor-julukannya hanya finis sebelas dari total 31 starter.

Namun pembalap asal Italia itu tetap menunjukkan performa baik sebagai seorang rookie. Start posisi 18, ia bisa menyalip beberapa pembalap.

Dia mengakhiri lomba dengan selisih 34,140 detik dari pembalap Jepang yang finis pertama: Masaki Tokudome.

Pada GP Indonesia 1997, baru Rossi memperlihatkan dirinya memang punya bakat fantastis. Adapun kali ini, lomba di Sirkuit Sentul berstatus putaran ke-14 atau akhir musim.

Rossi sendiri start dari urutan keempat. Dia mengakhiri lomba dengan catatan waktu 41 menit 14,511 detik untuk finis urutan pertama.

Dia mengasapi pembalap asal Jepang, Kazuto Sakata dengan gap 3,028 detik. Tidak hanya Rossi, pembalap top MotoGP yang sempat mentas di Sentul di tahun 1997.

Kala itu di kelas 125cc ada nama-nama seperti Noburo Ueda, Gary McCoy, Jorge Martinez, dan Lucio Cecchinello. Dua nama terakhir, kini bahkan sudah memiliki tim di MotoGP.

Sumber: Dari berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer