Sukses


Pembalap Indonesia, Ahmad Jayadi Kenang Pengalaman Berlomba lawan Valentino Rossi di Sirkuit Sentul

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, pernah menorehkan tinta emas di sejarah motorsport dunia. Adalah fakta sirkuit ini pernah menggelar Kejuaraan Dunia Balap Motor pada tahun 1996-1997.

Menariknya ada satu pembalap yang saat itu tampil di kelas 125cc dan masih berlomba di MotoGP saat ini, Valentino Rossi. Pada lomba kelas 125cc di GP Indonesia 1997 itu, Rossi bahkan finis pertama.

Untuk diketahui, kelas 125cc GP Indonesia 1996-1997 juga diikuti pembalap Tanah Air. Satu nama bahkan mengaspal dua tahun berturut-turut. Adalah Ahmad Jayadi.

Ahmad Jayadi yang kini sudah memiliki tim balap yang mengaspal di kancah motorsport roda dua nasional pun mengenang sosok Rossi ketika berada pada lomba yang sama tahun 1996-1997.

"Mungkin di tahun 1996, saya pribadi belum begitu mengenang sosoknya. Tapi di tahun 1997, ia mulai meraih banyak kemenangan, termasuk di Sentul," kata Ahmad Jayadi saat berbincang dengan Bola.com, Kamis (2/4/2020).

"Yang paling dikenang dari sosoknya, ia selalu bikin hiburan melalui selebrasi setiap kali menang. Dia sellalu bikin sesuatu untuk bahagiakan penggemarnya," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Pengalaman Berharga

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Indonesian GP 🇲🇨🇲🇨 #balapjadul #wildcard #putrabangsa #indonesiangp #janganlupasejarah #Bismillahfirst

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jayadi Racing (@jayadiracing) pada

Pada GP Indonesia 1996, Ahmad Jayadi bisa finis posisi 21. Sedangkan satu musim berikutnya, ia gagal finis lantaran mengalami kecelakaan.

Ahmad Jayadi pun menceritakan pengalaman yang ia dapat di GP Indonesia 1996 dan 1997 sangat berguna untuk karier balapnya saat itu.

"Bahagia sekali (bisa dapat kesempatan berlomba di GP Indonesia). Karena bisa banyak belajar. Yang pasti berdampak buat saya bisa mengikuti event lainnya," kata Ahmad Jayadi.

"Meski banyak pembalap bintang saat itu, luar biasa ternyata mereka begitu humble," lanjutnya.

Kini Indonesia juga memiliki wakil di kelas Moto2 Kejuaraan Dunia Balap Motor tahun 2020. Adalah Andi Gilang yang memperkuat Honda Team Asia. Musim sebelumnya, Indonesia juga diwakilkan Dimas Ekky di Moto2 2019.

Video Populer

Foto Populer