Dorna Umumkan Bantuan Finansial untuk Tim Independen yang Tidak Memiliki Pemasukan Akibat Penundaan MotoGP 2020

Oleh Hendry Wibowo pada 03 Apr 2020, 21:34 WIB
Diperbarui 03 Apr 2020, 21:34 WIB
Petronas Yamaha SRT

Bola.com, Jakarta - Jumat (3/4/2020), Dorna sebagai penyelenggara MotoGP memberikan pengumuman penting. Mereka memastikan memberikan bantuan finansial untuk semua tim independen.

Namun bantuan tersebut tidak diberikan untuk tim pabrikan. Tim independen sendiri merupakan tim-tim satelit seperti LCR, Petronas SRT sampai Pramac Racing.

Tim-tim pabrikan memang diyakini tidak terlalu terpukul dengan penundaan start MotoGP 2020 akubat virus Corona. Namun tidak berlaku untuk tim independen.

Untuk diketahui, tim-tim satelit hanya mendapat uang dari sponsor jika balapan MotoGP berlangsung. Praktis kini mereka tidak memiliki pemasukan.

"Melalui IRTA (Asosiasi Tim Balap), tim independen MotoGP akan mendapat bayaran di muka selama bulan April, Mei, dan Juni," tulis keterangan resmi dari Dorna.

"Hal tersebut dilakukan terlepas dari apakah balapan MotoGP dimulai kembali atau tidak. Ini untuk menjamin kesejahteraan ekonomi tim independen dan staf mereka," lanjut keterangan itu.

2 dari 3 halaman

Tim Moto2 dan Moto3

Jack Miller
Jack Miller ketika mengaspal di Sirkuit Losail, Qatar pada sesi tes pramusim MotoGP 2020. (Twitter/Pramac)

Ya, setiap tim yang tampil di MotoGP memang mendapat bagian pendapatan yang didapat oleh Dorna sebagai penyelenggara. Biasanya uang ini dibayarkan Dorna setiap bulannya.

Namun kini untuk mencegah tim independen mengalami kebangkrutan, Dorna memberikan uang tersebut selama bulan April, Mei, dan Juni secara langsung.

Tidak hanya tim independen MotoGP, tim-tim di Moto2 dan Moto3 juga telah mendapat bantuan keuangan ini dari Dorna.

"Selain itu, IRTA telah melakukan pembayaran kepada semua tim Moto2 dan Moto3 untuk mendukung mereka selama periode yang sulit ini," tulis keterangan dari Dorna.

Sumber: Crash.net

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓