Sukses


Ternyata Ada Pembalap Juara Dunia dengan Persentase Kemenangan 100 Persen tapi Bukan Valentino Rossi atau Marc Marquez

Bola.com, Jakarta - Marc Marquez dan Valentino Rossi. Dua pembalap beda generasi yang mendominasi era MotoGP. Rossi begitu dominan di awal era. Sedangkan Marquez sedang berkuasa pada masa sekarang.

Namun meski telah meraih banyak titel juara dunia kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor, ternyata baik Marquez dan Rossi tidak pernah merasakan persentase kemenangan dalam satu musim 100 persen alias sempurna.

Menariknya jika melihat sejarah, ternyata ada pembalap yang mengantongi catatan kemenangan sempurna dalam satu musim. Bahkan ada dua pembalap yang bisa melakukannya.

Pertama adalah John Surtess pada musim 1959. Kala itu, Surtess yang mengendarai motor tim MV Agustsa, sapu bersih tujuh kemenangan.

Dia mengakhiri kelas 500cc tahun 1959 dengan torehan poin 32. Dia unggul sepuluh poin dari rekan setimnya di urutan kedua, Remo Venturi.

Saat itu dari tujuh lomba yang berlangsung, hanya ada satu putaran yang masih masuk kalender lomba MotoGP 2020. Adalah Sirkuit Assen, Belanda.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Kedua: Giacomo Agostini

Persentase kemenangan sempurna milik Surtess kemudian disamai oleh Giacomo Agostini. Namun pembalap asal Italia itu meraih jumlah kemenangan lebih banyak ketimbang pendahulunya.

Saat juara kelas 500cc 1968, Agostini naik podium pertama sebanyak sepuluh kali. Dia mengakhiri kompetisi dengan torehan 48 poin atau unggul 14 poin dari Jack Findlay.

Ya, jumlah putaran dalam satu musim kompetisi saat itu memang belum sebanyak sekarang. Sehingga ada kemungkinan seorang pembalap bisa sapu bersih kemenangan.

Kesimpulannya, jika ada pembalap era MotoGP dengan persentase kemenangan 70 persen saja sudah sangat bagus. Karena jumlah lomba yang mereka ikuti saat ini dua kali lipat lebih banyak bahkan lebih dari era Agostini maupun Surtess.

Lantas siapa pembalap era MotoGP dengan persentase kemenangan terbaik dalam satu musim? Jawabannya Marquez. Dia membukukan 13 kemenangan dari total 18 lomba musim 2014. Kala itu persentase kemenangannya mencapai 72,22 persen.

Sumber: Dari berbagai sumber 

Video Populer

Foto Populer