Sukses


Inovasi di Motor YZR-M1 Bikin Maverick Vinales Makin Termotivasi

Jakarta - Maverick Vinales sama seperti pembalap lainnya tengah menunggu kelanjutan MotoGP 2020. Pandemi virus corona yang belum reda membuat 11 balapan musim ini ditunda atau dibatalkan.

Meski demikian, Vinales melihat ada sedikit tambahan motivasi jelang MotoGP 2020 yang paling realistis digelar pada Agustus nanti. Itu karena ada inovasi yang dilakukan Yamaha dan diterapkan di motor YZR-M1, yakni holeshot. 

Alat tersebut berfungsi membuat bodi motor bagian belakang jadi lebih rendah. Ini bisa memperbaiki kecepatan saat start balapan di MotoGP.

Ini salah satu kekurangan Vinales saat melakoni MotoGP 2019 lalu. Dia hanya bisa merebut posisi depan sebanyak lima kali dari 19 seri yang dilombakan.

Maverick Vinales berhasil menyelamatkan posisi ketiga klasemen MotoGP 2019. Tetapi start buruk kerap tak bisa selamatkan akselerasi yang didapatkannya di fase-fase akhir balapan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Tiru Ducati

Yamaha mengadopsi teknologi yang dipakai Ducati soal holeshot ini. Vinales sudah mencoba teknologi ini pada pramusim di Sepang dan Qatar.

"Saya pikir kami sudah banyak berbenah dari soal itu. Ini memberi saya kepercayaan diri dan ini perkembangan yang sangat penting," ujar Maverick Vinales seperti dikutip Motorsport.

"Tahun lalu ada balapan dimana saya punya akselerasi bagus tapi saya tak bisa lewati pembalap lebih depan. Jadi sulit lakukan lebih, itulah mengapa kami perbaki kecepatan saat start."

 

3 dari 3 halaman

Masalah Semua

Manajer Yamaha Massimo Meregalli mengakui timnya harus membayar mahal karena lelet saat start. Dia meyakini alat holeshot bisa memperbaiki kekurangan itu.

"Kami kesulitan di trek dimana baru ratusan meter sudah ada tikungan, kita kesulitan. Tahun lalu kami sulit slipstream, tahun ini bahkan bisa dilakukan saat mengerem," ujarnya.

Sumber: Motorsport

Disadur dari: Liputa6.com (Penulis: Defri Saefullah/Editor: Achmad Yani Yustiawan/Published: 25/04/2020)

Video Populer

Foto Populer