Sama Seperti Jerez, MotoGP Misano Bakal Gelar Dua Balapan pada 2020

Oleh Defri Saefullah pada 10 Mei 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 10 Mei 2020, 17:15 WIB
MotoGP_Sirkuit Misano, San Marino (Bola.com/Adreanus Titus)

Jakarta - MotoGP Misano menjadi satu di antara event balapan yang masuk rencana Dorna di tengah proposal jadwal baru. Sama seperti Jerez, Misano berpeluang mengelar dua balapan secara beruntun.

Ada empat sirkuit yang dirancang Dorna untuk menggelar dua balapan MotoGP. Selain Jerez, ada Aragon, Catalunya, dan Misano di San Marino.

Dorna saat ini menggunakan pakem dua seri balapan lalu dilanjutkan WSBK dan MotoE. Pengelola sirkuit Misano optimistis soal ini.

Meski begitu, pengelola mengaku harus ada dua aspek fundamental yang benar-benar harus diselesaikan agar MotoGP bisa berjalan terus.

"Di satu sisi, ada aspek kesehatan dan keselamatan. Itu karena infeksi dari virus sangat berbahaya dan tidak disangka," begitu pernyataan penyelenggara MotoGP Misano.

"Di sisi lain, ada masalah ketahanan ekonomi yang sudah terbukti harus mengambil model baru di situasi seperti ini."

 

2 dari 3 halaman

Tanpa Penonton

Maverick Vinales, MotoGP
Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales (ANDREAS SOLARO / AFP)

Karena ada aturan jaga jarak dan keramaian, MotoGP 2020 bakal digelar tanpa penonton. Dorna sudah merancang protokol tepat agar MotoGP digelar dengan aman dan sehat. Satu di antara protokolnya yaitu membawa staf paddock yang minimum.

"Kami setuju MotoGP digelar tanpa penonton dan tentu partisipasi minimal dari orang-orang terlibat," bunyi pernyataan penyelenggara MotoGP Misano.

Penyelenggara MotoGP Misano meyakini ada solusi pendapatan bagi mereka meski tidak mendapatkan tiket penonton. Selain itu, event ini bisa mempromosikan San Marino, tempat digelarnya MotoGP Misano.

"Ini kegiatan yang bisa memperlihatkan kepada dunia soal gambaran hidup di daerah ini. Ini baik buat turis," lanjut pernyataan penyelenggara MotoGP Misano.

Sumber: MotoGP

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Defri Saefullah/Published: 10/5/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓