Alasan Lain di Balik Keputusan Valentino Rossi Pakai Nomor 46

Oleh Harley.Ikhsan pada 12 Mei 2020, 14:15 WIB
Diperbarui 12 Mei 2020, 14:15 WIB
valentino rossi

Jakarta - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, identik dengan nomor 46. Pembalap berusia 41 tahun itu selalu mengenakan nomor tersebut saat adu cepat di lintasan.

Selama ini ada dua versi mengapa juara dunia sembilan kali tersebut melakukannya. Pertama sebagai penghormatan untuk sang ayah.

Graziano Rossi mencatat prestasi terbaik ketika memakai nomor 46 pada musim 1979. Dia menjuarai balapan di Yugoslavia, Belanda, dan Swedia pada kelas 250cc bersama Morbidelli. Selain itu, 1979 merupakan tahun kelahiran Valentino.

Namun, sahabat Valentino Rossi mengungkapkan alasan lain di balik itu. Alessio Salucci menyebut temannya mengambil keputusan berdasar pengalaman semasa kecil.

"Pada satu malam, dia menyaksikan balapan di Jepang. Seorang pembalap merebut gelar meski start dari urutan belakang. Dia memakai nomor 46," unggap Salucci.

"Valentino Rossi sangat mengaguminya. Ketika itu dia berjanji bakal menggunakan angka tersebut jika balapan profesional," sambungnya.

2 dari 4 halaman

Komentar Graziano

Ayah Rossi Tuding Ada Konspirasi Spanyol
Graziano dan Valentino Rossi.

Graziano pun mendukung pengakuan Salucci. Dia menyebut nomor 46 tidak terlalu istimewa baginya dan sempat beberapa kali mengubah nomor motornya.

"Orang-orang berpikir nomor Valentino Rossi berasal dari saya. Sebenarnya, ide Valentino muncul usai menonton balapan TV pada malam hari. Fakta saya menggunakan 46 hanya sebuah kebetulan," tutur Graziano.

3 dari 4 halaman

Kerajaan 46

Ikatan Rossi dengan 46 begitu kuat. Padahal dia berhak memakai  angka terbaik dalam balapan, yakni nomor 1 begitu menjadi juara dunia pada musim berikutnya.

Selain Rossi, beberapa legenda MotoGP yang menolak kesempatan dan setia bersama nomor miliknya adalah Barry Sheene, Jorge Lorenzo, dan teranyar Marc Marquez.

Kini 46 lebih dari sekedar angka. Rossi menggunakannya sebagai fondasi untuk membangun kerajaan. Melalui merek VR46, Rossi memiliki perusahaan merchandise dan apparel, tim Moto2 dan Moto3, serta sekolah pembalap.

Beberapa rekannya pernah menjadi duta apparel VR46, di antara Dani Pedrosa, Cal Crutchlow, dan Jack Miller. VR46 juga sempat menjalin kerja sama dengan klub sepak bola terbesar di Italia, Juventus.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Liputa6.com (Penulis: Harley Ikhsan/Editor: Thomas/Published: 12/05/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓