VIDEO: Marc Marquez Optimis MotoGP Kembali Race Pertengahan Juli 2020

Oleh Yusuf Satria pada 19 Mei 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 19 Mei 2020, 09:00 WIB

Bola.com, Jakarta Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez yakin ajang MotoGP akan kembali digelar pada pertengahan Juli 2020 mendatang. Seperti yang diketahui MotoGP resmi ditunda sementara akibat pandemi virus corona pada bulan Maret lalu.

Dorna menyiapkan skenario baru untuk seri pembuka MotoGP 2020. Jerez bukan hanya disiapkan untuk hanya menggelar balapan pembuka, tapi langsung menghelat dua seri sekaligus. 

Seperti dilansir Speedweek, Kamis (7/5/2020), negosisasi antara Dorna selaku penyelenggara MotoGP dan pemerintah wilayah Andalusia Spanyol, terus berlangsung untuk mematangkan rencana tersebut. Jerez diagendakan menghelat balapan pada 19 Juli dan 26 Juli. 

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dikabarkan menggelar rapat virtual pada Kamis waktu setempat untuk membicarakan lebih detail tentang kesepakatan dua balapan tersebut. Kabar tentang rencana tersebut juga sudah dilansir media lokal, Diario de Jerez, pada Rabu (6/5/2020) pagi. 

Pemerintah wilayah Andalusia dikabarkan sangat mendukung rencana tersebut. Adapun Walikota Jerez, Mamen Sanchez, menyebut kesempatan untuk menggelar balapan pembuka MotoGP 2020 di Sirkuit Angel Nieto tersebut sebagai tawaran yang sulit ditolak. 

Selain dua balapan MotoGP, Dorna juga berencana menggelar seri Superbike di tempat yang sama pada 2 Agustus. 

"Ketika izin dari pemerintah Spanyol sudah diberikan, tiga event tersebut akan diajukan ke FIM untuk dimasukkan ke kalender mereka," tulis pernyataan resmi MotoGP. 

"Balapan pertama akan diberi nama MotoGP Spanyol, yang menjadi pembuka musim kelas MotoGP. Sedangkan balapan kedua diberi nama MotoGP Andalusia," imbuh pernyataan tersebut.   

Wacana menggelar seri pembuka MotoGP 2020 di Jerez sudah mencuat sejak beberapa pekan terakhir. Buktinya, sekitar 450 ton kargo yang berisi perlengkapan tim langsung diterbangkan ke Spanyol dari Doha menggunakan lima kargo jumbo Boeing 747.

Kargo-kargo tersebut kini disimpan di Lleida, salah satu kota di Spanyol. Hanya tim-tim individu seperti Liqui-Moly-Intact, yang menerbangkan barangnya ke markas masing-masing. 

Seperti diketahui, MotoGP 2020 belum menggelar satu pun balapan karena dampak pandemi virus corona. Dorna baru menggelar satu seri Moto2 dan Moto3 di Doha, Qatar.  

Marc Marquez sendiri merupakan juara bertahan MotoGP musim lalu dan musim ini agak sedikit berbeda bagi dirinya, karena adiknya,Alex Marquez juga ikut membalap bersama Repsol Honda.