Sukses


Dua Lomba Ikonik MotoGP Inggris dan Australia Resmi Dibatalkan Akibat Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona kembali memakan korban lomba MotoGP 2020. Terbaru adalah lomba MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone dan Australia di Sirkuit Phillip Island.

Jumat (29/5/2020), para pemangku kepentingan yang terdiri dari FIM (Federasi Sepeda Motor Internasiona), IRTA (Asosiasi Tim Balap), dan Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP mengumumkan penundaan lomba di Silverstone dan Phillip Island.

MotoGP Inggris sendiri dijadwalkan berlangsung pada tanggal 28-30 Agustus. Sementara MotoGP Australia digelar 23-25 Oktober.

Mengutip situs MotoGP, pembatalan dua lomba ini akibat wabah virus corona dan juga perubahan kalender musim 2020 yang tidak memungkinkan lomba di Silverstone-Phillip Island berlangsung.

“Kami sangat kecewa dengan pembatalan lomba MotoGP Inggris. Apalagi masih ingat dalam ingatan, lomba di Silverstone tahun 2018 juga dibatalkan (akibat cuaca buruk)," kata Stuart Pringle selaku Managing Director Sirkuit Silverstone.

"Tapi kami mendukung keputusan yang harus diambil. Karena memang siuasi saat ini sangat luar biasa," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Balapan Ikonik

MotoGP Inggris dan Australia sendiri sama-sama berstatus lomba ikonik di Kejuaraan Dunia Balap Motor. Bayangkan Silverstone kali pertama menggelar lomba pada tahun 1977.

Sementara Phillip Island masuk kalender Kejuaraan Dunia Bala Motor sejak 1989. Namun dengan ciri khas punya tata letak trek unik, membuat banyak lomba menarik tercipta di sini.

“Kami sedih harus mengumumkan pembatalan lomba ikonik ini setelah tidak menemukan jalan keluar mengenai masalah logistik dan operasional," kata CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

"Silverstone dan Phillip Island selalu menjadi dua dari akhir pekan balapan paling mendebarkan di MotoGP," lanjutnya.

Kini Dorna mengusulkan seri 1 MotoGP 2020 akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol pada bulan Juni. Direncanakan, Jerez menggelar dua lomba kurun waktu depan pekan berturut-turut.

Sumber: MotoGP

Video Populer

Foto Populer