Siapa dan ke Mana, 4 Kemungkinan Bursa Perpindahan Pembalap Paling Ditunggu Menuju MotoGP 2021

Oleh Hendry Wibowo pada 20 Jun 2020, 08:21 WIB
Diperbarui 20 Jun 2020, 08:21 WIB
Andrea Dovizioso
Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso bersama Valentino Rossi (kanan) merayakan gelar juara MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Doha, Minggu (18/3/2018). Dovizioso juara dengan catatan waktu 42 menit 34,654 detik. (AFP/Karim Jaafar)

Bola.com, Catalunya - Tim pabrikan Yamaha sudah memiliki Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Sementara tim Suzuki dipastikan diperkuat Alex Rins dan Joan Mir.

Namun beberapa tim pabrikan masih menyisakan satu kursi kosong untuk MotoGP 2021. Sebut saja KTM, Ducati, sampai Repsol Honda.

Oleh karena itulah, bursa perpindahan pembalap menuju musim depan masih sangat ramai. Apalagi beberapa nama merupakan pembalap papan atas.

Siapa tidak penasaran kini dengan masa depan Pol Espargaro, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci atau Valentino Rossi.

Bola.com telah mengumpulkan 4 kemungkinan bursa perpindahan pembalap menuju MotoGP 2021 yang paling ditunggu. Jadi siapa dan ke mana?

2 dari 5 halaman

1. Kapan Valentino Rossi Resmi ke Petronas Yamaha?

MotoGP 2017, GP  Aragon, Marc Marquez, Andrea Dovizioso
5. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) - 168 Poin. (AFP/ Javier Soriano)

Isu terlama bursa perpindahan pembalap menuju MotoGP 2021 yang belum kunjung rampung. Namun beberapa media internasional memberitakan, sejatinya hitam di atas putih kesepakatan antara Rossi dan Petronas Yamaha tinggal menunggu waktu.

Jika memang merapat ke Petronas Yamaha yang merupakan tim satelit tentu sebuah langkah mundur untuk Rossi. Tapi ia sudah mendapat jaminan dari tim pabrikan Yamaha bahwa motor yang ia gunakan merupakan spesifikasi sama seperti Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

"Kami tak ingin Rossi menjadikan tim kami sekadar tim terakhir di MotoGP. Kami juga berharap melihatnya tampil kompetitif," kata CEO Petronas Yamaha, Razlan Razali.

3 dari 5 halaman

2. Jadi Pol Espargaro ke Repsol Honda atau Ducati

KTM, MotoGP, Pol Espargaro
Pebalap KTM, Pol Espargaro, masih bergelut dengan cedera setelah mengalami tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Sepang, Malaysia, beberapa waktu lalu. (Twitter/KTM)

Pimpinan proyek KTM di MotoGP. Di tangannya, perlahan tapi pasti, KTM mulai punya motor kompetitif. Karena hal inilah, muncul isu Repsol Honda ingin merekrutnya.

Jika benar adanya, maka Pol Espargaro mendepak Alex Marquez dan berduet dengan sang kakak, Marc Marquez. Menariknya dalam sebuah kesempatan, Pol mengungkapkan opsinya bukan hanya ke Repsol Honda.

"Motor Honda adalah yang paling diinginkan semua pembalap, tapi motor Ducati juga kompetitif. Semua bermimpi bisa mengendarai dua motor tim ini," Pol Espargaro mengungkapkan.

4 dari 5 halaman

3. Danilo Petrucci atau Andrea Dovizioso yang ke KTM?

MotoGP 2017, Marc Marquez, San Marino
Dua pebalap Italia, Danilo Petrucci (kiri) dan Andrea Dovizioso yang menjadi pesaing Marquez pada pada balapan MotoGP San Mariono di Sikuit Marco Simoncelli, Misano Adriatico, Italia (10/9/2017). (AP/Antonio Calanni)

Ducati baru mengumumkan kontrak Jack Miller dari tim satelit Pramac Racing. Masalahnya kini berarti Ducati bakal mendepak di antara Andrea Dovizioso atau Danilo Petrucci.

Menariknya siapapun yang hengkang, keduanya dikaitkan bakal ditampung KTM yang kemungkinan besar kehilangan Pol Espargaro.

Namun sepertinya, Ducati lebih memilih memperpanjang kontrak Dovizioso. Hal ini diperkuat fakta bahwa Petrucci telah mengunjungi markas KTM.

Sumber: Dari berbagai sumber

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Maverick Vinales Juara di MotoGP Emilia Romagna