Sukses


Pembalap Tim Pabrikan Turun ke Tim Satelit Bukan Sebuah Hal Memalukan Lagi, Tren Baru di MotoGP?

Bola.com, Catalunya - Kabar mengejutkan terjadi ketika pembalap tim pabrikan Ducati, Danilo Petrucci menerima pinangan tim satelit KTM, Tech 3 untuk MotoGP 2021.

Mengejutkan lantaran sebelumnya Petrucci dikabarkan dikontrak tim pabrikan KTM yang kehilangan Pol Espargaro, bukan ke tim satelit Tech 3.

Tentu hal di atas merupakan penurunan di dalam karier seorang Petrucci. Karena bersama tim pabrikan Ducati musim lalu, ia bisa merasakan satu kemenangan. Tapi MotoGP 2021, ia harus turun bersama tim satelit KTM Tech 3 yang berstatus tim gurem.

Dahulu, pembalap tim satelit dipandang sebelah mata. Rider pabrikan yang harus turun ke tim satelit dianggap kariernya sudah mau habis. 

Menariknya kini pemandangan di atas bukan lagi sebuah hal memalukan. Ke depannya, tren ini bahkan bakal berlanjut dan bahkan melibatkan banyak nama top.

Semua tentu tahu, juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi juga kehilangan kursi di tim pabrikan Yamaha dan kemungkinan besar akan ditampung tim satelit Petronas Yamaha.

Lalu Alex Marquez, pembalap Repsol Honda juga diyakini bakal turun ke tim satelit LCR Honda setelah tim pabrikan mengontrak Pol Espargaro untuk mendampingi sang kakak, Marc Marquez.

Jadi apakah pembalap pabrikan turun ke tim satelit bakal menjadi tren baru di MotoGP? Mengapa mereka menerima tawaran itu? Bukankah motor tim satelit lebih lanmbat ketimbang tim pabrikan?

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Kesetaraan

Pemilik tim Tech 3, Herve Poncharal buka-bukaan soal klausul di dalam kontrak Petrucci. Ya, ternyata pembalap asal Italia itu akan mendapat motor spesifikasi pabrikan layaknya rider KTM di MotoGP 2021: Brad Binder dan Miguel Oliveira.

"Sekarang tidak ada lagi tim satelit atau pabrikan. Bakal ada empat pembalap KTM dengan motor spesifikasi sama. Semua mendapat dukungan dan peralatan sama," kata Poncharal.

Jika merunut ke belakang, Yamaha juga telah menjanjikan Rossi mendapat motor spefikasi pabrikan meski memperkuat tim satelit Petronas Yamaha.

Hal sama berlaku untuk Honda. Beberapa musim terakhir, motor pembalap tim satelit LCR Honda, Cal Crutchlow punya spesifikasi sama seperti duo pabrikan Repsol Honda.

Artinya kini ada kesetaraan antara tim satelit dan tim pabrikan. Jadi jika melihat pembalap tim satelit lebih sering podium atau menang musim depan bukan lagi sebuah hal mengejutkan. Ya, karena MotoGP sedang memiliki tren baru.

Sumber: Crash.net

Video Populer

Foto Populer