Sukses


Bos KTM Sedih tapi Tak Sakit Hati Jika Pol Espargaro Pindah Honda

Jakarta - Rumor Pol Espargaro akan merapat ke Repsol Honda untuk MotoGP 2021 semakin santer terdengar. Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer, mengaku sama sekali tak merasa sakit hati ditinggalkan Pol Espargaro.

Meski sedih, ia dapat memaklumi bergabung dengan tim juara merupakan impian Pol Espargaro sejak masih anak-anak.

Meski belum ada pengumuman resmi, Pol Espargaro diisukan merapat ke Repsol Honda, bertandem rivalnya di Moto2, Marc Marquez. Espargaro mengaku butuh tim kompetitif untuk memperlebar peluang juara, mengingat usianya sudah mencapai 29 tahun dan tak lagi muda.

Beirer mengaku tak ada konflik antara KTM dan Espargaro. Pria Jerman itu bahkan menyatakan Polyccio sudah seperti kawan, bahkan keluarga pabrikan asal Austria tersebut. Ia mengaku bangga bisa melihat Espargaro berkembang pesat selama empat tahun belakangan.

"Pol tetap teman kami. Kami merasa sangat dekat dengannya. Saya rasa ia menjadi sangat dewasa bersama kami. Sebelumnya, ia bukan rider tim pabrikan. Jadi ia tak tahu betapa berartinya bernaung di garasi besar penuh perangkat baru dan memasangnya pada motor," ujar Beirer via Speedweek, Rabu (1/7/2020). 

Sebelum pindah ke Red Bull KTM Factory Racing pada 2017, Pol Espargaro membela Monster Yamaha Tech 3. Alhasil, kala itu ia belum punya banyak pengalaman mengembangkan motor MotoGP. Namun, dengan bantuan KTM, ia justru berkembang dan punya jiwa pemimpin.

"Bersama Mike Leitner (manajer tim) dan Paul Trevathan (crew chief), kami membentuk Pol Espargaro menjadi rider MotoGP sesungguhnya. Saat ia pergi, kami tetap tertawa bersama, tapi juga penuh air mata. Kami memahami ia ingin pergi dan bergabung dengan tim lain. Ada banyak impian masa kecil yang dulu dimiliki Pol," ungkap Beirer.

2 dari 2 halaman

Potensinya Diakui Honda

Meski sedih akan ditinggalkan rider utamanya, Beirer mengaku KTM tetap berbahagia untuk Espargaro. Setelah perjuangan bertahun-tahun, talenta dan potensinya kini diakui oleh Repsol Honda, yang merupakan tim paling prestisius dalam sejarah Grand Prix.

"Kami sangat bahagia untuknya, karena ia masih salah satu dari kami. Kami tak boleh lupa masih ada satu musim untuk diselesaikan bersama. Kami punya rencana-rencana besar. Tahun ini, kami harus tampil baik, bertarung bersama di setiap balapan sebelum kami melepas Pol pergi," pungkas Beirer.

Pol Espargaro yang sudah menjalani uji coba tertutup bersama KTM di Misano, Italia, pada 10-11 dan 23-25 Juni lalu, akan kembali turun lintasan di MotoGP Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli, yang didahului oleh sesi uji coba tambahan pada 15 Juli mendatang.

Sumber: Speedweek

Disadur dari Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 1/7/2020)

 

Video Populer

Foto Populer