Sukses


Bedah Top Speed Motor pada Balapan MotoGP Jerez: Ducati Masih Berjaya, Valentino Rossi Paling Loyo

Bola.com, Jakarta - Ducati Desmosedici. Motor ini sangat superior ketika berbicara motor dengan top speed paling moncer di ajang MotoGP. Motor Ducati Desmosedici dikenal punya keunggulan ketika berduel pada sektor lurus.

Jika melihat data top speed dan average top speed pada balapan seri 1 MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan lalu, hal di atas ternyata masih bertahan.

Ya, klasemen top speed dan average speed lomba MotoGP Jerez dikuasi semua pembalap pengendara Ducati Desmosedici. Paling terkencang motor geberan Andrea Dovizioso.

Dovi-sapaan akrabnya melaju 294,2 km/jam pada lomba MotoGP Jerez. Untuk diketahui, pembalap asal Italia itu akhir naik podium ketiga pada penghujung lomba. 

Yang perlu dicatat, tiga besar top speed diisi oleh semua pembalap pengendara Ducati Desmosedici. Berturut-turut pembalap tim satelit Pramac Ducati: Pecco Bagnaia (292,6 km/jam) dan Jack Miller (291,8 km/jam) berada di posisi kedua dan ketiga.

Praktis dominasi top speed pembalap Ducati hanya bisa ditandingi Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu mencapai kecepatan 291,8 km/jam.   

Untuk average top speed, Dovi juga menguasai. Runner-up tiga musim terakhir itu punya average top speed 292,2 km/jam atau unggul atas Bagnaia: 291,7 km/jam. Di bawah Bagnaia lagi-lagi ada sosok Miller dan Marquez. 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

Valentino Rossi Paling Loyo

Menariknya, pembalap yang finis 1-2 pada MotoGP Jerez: Fabio Quartararo dan Maverick Vinales sangat payah dalam daftar top speed maupun average top speed.

Top speed motor Yamaha YZR-M1 milik Quartararo hanya 285,7 km/jam. Sementara Vinales: 286,4 km/jam. Ini merupakan bukti, Sirkuit Jerez bukan trek yang mengandalkan top speed.

Top speed milik motor Ducati Desmosedici bisa sangat berguna pada trek yang punya banyak sektor lurus seperti Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Paling menarik tentu adalah fakta begitu loyonya motor Yamaha YZR-M1 geberan Valentino Rossi. Dia hanya menempati posisi terakhir top speed maupun average speed.

Top speed motor Rossi hanya 284,2 km/jam plus average top speed ada di angka 282,5 km/jam. Kesimpulannya, untuk duel sektor lurus, Yamaha masih kalah jauh dari motor Ducati.

3 dari 3 halaman

Top Speed dan Average Top Speed

5 Besar Top Speed Lomba MotoGP Jerez

  1. Andrea Dovizioso (Ducati) 294,2 km/jam
  2. Pecco Bagnaia (Pramac Ducati) 292,6 km/jam
  3. Jack Miller (Pramac Ducati), Marc Marquez (Repsol Honda) 291,8 km/jam
  4. Pol Espargaro (KTM) 291,1 km/jam
  5. Danilo Petrucci (Ducati), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) 290,3 km/jam

 

5 Besar Average Speed Lomba MotoGP Jerez

  1. Andrea Dovizioso (Ducati) 292,2 km/jam
  2. Pecco Bagnaia (Pramac Ducati) 291,7 km/jam
  3. Jack Miller (Pramac Ducati) 291,6 km/jam
  4. Marc Marquez (Repsol Honda) 290,1 km/jam
  5. Pol Espargaro (KTM) 290,5 km/jam

Video Populer

Foto Populer