Operasi Hari Selasa, Marc Marquez Dijadwalkan Ikut MotoGP Andalusia: Jorge Lorenzo Juga Pernah dan Lebih Dahsyat Tahun 2013

Oleh Hendry Wibowo pada 24 Jul 2020, 10:45 WIB
Diperbarui 24 Jul 2020, 10:45 WIB
Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo usai mengikuti lomba MotoGP Belanda 2013. (CATRINUS VAN DER VEEN / AFP)

Bola.com, Jerez - Nama Marc Marquez jadi sorotan. Pembalap Repsol Honda itu dinyatakan lolos tes medis untuk mengikuti seri kedua MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan ini.

Jika melihat ke belakang, Marc Marquez baru saja menjalani operasi lengan kanan pada hari Selasa (21/72020) lalu. Menurut tim dokter, paling realistis, pembalap asal Spanyol itu baru bisa comeback di seri ketiga MotoGP Ceska.

Jika melihat ke belakang, aksi nekat Marc Marquez yang mengikuti balapan hanya beberapa hari setelah operasi ternyata juga pernah dilakukan rekan senegaranya, Jorge Lorenzo.

Jorge Lorenzo bahkan punya cerita lebih dahsyat lagi. Singkat cerita, Lorenzo mengikuti sesi latihan bebas di Sirkuit Assen, Belanda pada MotoGP 2013 yang berlangsung Kamis.

Dia mengalami kecelakaan dan mematahkan tulang selangka kiri. Pada hari yang sama, Lorenzo dibawa ke Barcelona untuk menjalani operasi. Dia sempat diumumkan tidak akan bisa mengikuti rangkaian tersisa MotoGP Belanda 2013.

2 dari 3 halaman

Finis Kelima

Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo pada lomba MotoGP Belanda 2013. (CATRINUS VAN DER VEEN / AFP)

Namun siapa sangka, Jorge Lorenzo membuat kejutan dengan hadir ke trek pada hari Sabtu untuk ikut balapan. Sekadar mengingatkan, pada saat itu, lomba MotoGP Belanda masih digelar Sabtu untuk menghormati orang-orang ke gereja di hari Minggu.

Jorge Lorenzo memulai lomba dari posisi 12. Secara meyakinkan, ia bisa finis kelima dan mendapatkan sebelas poin. Kala itu, saat masuk ke garasi tim Yamaha, semua kru tim memberikan tepuk tangan atas perjuangan fantastis sang pembalap.

Nahasnya juara dunia MotoGP tiga kali ini kembali terjatuh saat mengikuti sesi latihan bebas di MotoGP Jerman. Akibat kecelakaan itu, lempeng yang ditanam pada tulang selangka kiri mengalami kerusakan.

Dia pun harus operasi lagi. Kali ini keajaiban tidak datang lagi. Jorge Lorenzo harus absen pada balapan MotoGP Jerman. Pada akhir musim, Lorenzo harus puas jadi runner-up ketika Marc Marquez yang kala itu berstatus rookie bisa jadi juara dunia. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Franco Morbidelli Tercepat di MotoGP San Marino, Valentino Rossi Gagal Podium