Komentar 6 Rival tentang Comeback Mengejutkan Marquez ke MotoGP Andalusia, dari Quartararo hingga Vinales

Oleh Yus Mei Sawitri pada 24 Jul 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 24 Jul 2020, 16:34 WIB
Marc Marquez - MotoGP
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez dalam balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).(AP Photo/David Clares)

Bola.com, Jerez - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi pusat perbincangan menjelang bergulirnya MotoGP Andalusia 2020 akhir pekan ini. Bagaimana tidak, pembalap asal Spanyol itu memilih kembali ke lintasan hanya dua hari setelah menjalani operasi lengan kanan. 

Awalnya, Marc Marquez diprediksi absen pada MotoGP Andalusia untuk memulihkan kondisinya. Ia diperkirakan baru kembali saat balapan ketiga di MotoGP Rep Cheska, 9 Agustus. 

Namun, publik MotoGP dibuat terkejut ketika Marquez malah sudah kembali dari Barcelona ke Jerez. Dia kemudian dinyatakan fit oleh tim medis MotoGP untuk turun pada balapan Minggu (26/7/2020).

Marquez memang butuh waktu khusus sebelum benar-benar ke lintasan. Repsol Honda memutuskan Marquez akan melewatkan sesi latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Andalusia, Jumat (24/7/2020). Alasannya, balapan kali ini juga akan berlangsung di Sirkuit Jerez pada pekan lalu sehingga mengikuti FP1 dan FP2 dinilai tidak ada urgensinya. 

Marquez baru turun ke lintasan pada Sabtu (25/7/2020) di sesi FP3. Honda mengatakan jika kondisinya oke maka Marquez lanjut membalap keesokan harinya. Tapi, jika terlalu berisiko, juara dunia enam kali di kelas MotoGP itu tak akan ikut balapan. 

Kemunculan mengagetkan Marquez memicu kehebohan bagi para rivalnya maupun fans MotoGP. Berikut ini komentar enam rival soal comeback mengejutkan Marc Marquez tersebut.  

 

2 dari 7 halaman

1. Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso
Finis ketiga MotoGP Jerez, Andrea Dovizioso tetap gunakan masker ketika naik podium. (Javier Soriano/AFP)

"Marquez mengalami cedera lengan kanan. Itu bagian badan yang penting, jadi saya sudah angkat topi untuk Marquez bahkan saat dia hanya berpikir untuk balapan," kata Dovizioso. 

"Musim ini pendek. Dua kali absen akan membuat kans meraih gelar juara dunia semakin sulit, itu yang membuatnya memutuskan tidak berhenti," imbuh pembalap asal Italia itu. 

"MotoGP 2020 sedikit berbeda, tapi aturannya sama untuk setiap orang dan Anda harus berusaha menjadi juara dunia dalam 12 balapan berikutnya." 

 

 

 

 

3 dari 7 halaman

2. Valentino Rossi

Valentino Rossi
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. (AFP/Tiziana Fabi)

"Bagi saya mustahil berkomentar karena saya tidak tahu apa yang terjadi pada Marquez. Saya tidak melihat hasil X-ray dia. Ketika Anda orang luar, maka Anda tak tahu segalanya," kata Valentino Rossi tentang keputusan Marquez untuk memcoba membalap di MotoGP Andalusia. 

"Dari yang saya lihat dari luar, itu sepertinya cedera yang buruk. Banyak orang yang bilang Marquez butuh banyak waktu untuk comeback. Tapi, dia sudah berada di sini setelah tiga hari." 

"Sekarang kita perlu memahami jika dia bisa mengendarai motor, itu karena dia berani. Dan jika dia bisa mengendarai motor dan membalap, itu bagus," imbuh Valentino Rossi, seperti dikutip Crash, 

 

4 dari 7 halaman

3. Fabio Quartararo

Fabio Quartararo
Fabio Quartararo saat meraih pole position pada sesi kualifikasi MotoGP Jerez, Sabtu (19/7/2020). (AFP)

"Saya terkejut, tapi tidak hanya karena Marquez, begitu juga dengan Alex Rins dan Cal Crutchlow yang juga kembali balapan," ujar Quartararo. 

"Bagi saya, ini luar biasa. Tapi jika Anda pembalap, maka Anda selalu ingin kembali membalap secepatnya. Saya yakin mereka akan menyuguhkan performa terbaik," imbuh juara MotoGP Jerez 2020 itu. 

 

 

5 dari 7 halaman

4. Francesco Bagnaia

Pembalap Pramac Racing, Francesco Bagnaia
Pembalap Pramac Racing, Francesco Bagnaia. (Twitter/Pramac Racing)

"Sejujurnya saya tidak kaget melihat Marquez kembali. Tapi yang membuat saya kaget tim dokter menyatakan dia fit dan bisa ikut balapan. Apakah saya juga akan melakukan seperti itu jika di posisi seperti Marquez? Entahlah. Itu tergantung apa yang Anda rasakan dan keparahan cederanya," ujar Francesco Bagnaia. 

"Jika Marc bisa mengendarai motor, berarti kondisinya tak seburuk yang digambarkan orang-orang. Beberapa hari setelah patah tulang yang parah, saya rasa Anda takkan bisa balapan, apalagi di MotoGP," imbuh Bagnaia. 

 

6 dari 7 halaman

5. Maverick Vinales

Maverick Vinales
Maverick Vinales tetap gunakan masker ketika naik podium kedua MotoGP Jerez. (JAVIER SORIANO / AFP)

"Di kejuaraan yang hanya terdiri dari jumlah balapan yang sedikit seperti musim ini, setiap poin sangat berharga. Setiap pembalap tidak senang ketika melihat pembalap lain cedera," kata Vinales. 

"Faktanya saya sangat senang melihatnya kembali ke lintasan," imbuh pembalap Monster Energy Yamaha itu. 

"Hal yang normal bagi setiap orang membicarkannya setelah balapan yang luar biasa hingga dia terjatuh. Dia adalah favorit juara dunia. Anda hanya harus bekerja lebih keras dan berusaha mengalahkannya. Itu hal yang terpenting." 

 

 

7 dari 7 halaman

6. Alex Rins

Alex Rins
Alex Rins saat mengikuti sesi konferensi pers MotoGP Jerez, Kamis (16/7/2020). (JAVIER SORIANO / AFP)

"Saya pikir cedera Marc Marquez mungkin tak begitu serius jika dia bisa kembali balapan beberapa hari setelah operasi. Kita akan lihat apakah dia bisa melakoni balapan dengan baik atau tidak," kata pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins. 

Sumber: Speedweek, Crash, GP One 

Lanjutkan Membaca ↓
Franco Morbidelli Tercepat di MotoGP San Marino, Valentino Rossi Gagal Podium