VIDEO: Tiga Pembalap Yamaha Kuasai MotoGP Andalusia, Fabio Quartararo Finish Terdepan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 27 Jul 2020, 01:00 WIB
Diperbarui 27 Jul 2020, 01:00 WIB

Bola.com, Jakarta Pembalap dari tim pabrikan YamahaFabio Quartararo semakin menegaskan diri sebagai kandidat juara dunia MotoGP 2020. Pasalnya pada lomba seri kedua musim ini di MotoGP Andalusia pada Minggu (26/7/2020), ia kembali meraih kemenangan. Disusul sang legenda Valentino Rossi yang finish diperingkat ketiga.

Podium pertama ini merupakan kemenangan kedua berturut-turut Fabio Quartararo. Pembalap Petronas Yamaha ini pun kini memimpin klasemen dengan poin sempurna, 50 poin.

Lomba dengan titel MotoGP Andalusia juga jadi momen sukses pembalap Yamaha. Bagaimana tidak, semua pengendara Yamaha YZR-M1 mengisi posisi 1-3. Urutan kedua diisi Maverick Vinales setelah mengasapi Rossi saat lomba menyisakan dua lap lagi.

Sementara hasil MotoGP Andalusia juga merupakan kebangkitan seorang Valentino Rossi. Pasalnya usai gagal finis pada seri pertama, kini ia naik podium ketiga.

MotoGP Andalusia juga memakan korban banyak pembalap tidak finis. Beberapa bahkan dibebat kendala teknis pada motor. Tercatat hanya ada 13 pembalap yang finis.

Fabio Quartararo sudah kencang sejak start lomba MotoGP Andalusia. Start sebagai pole position, ia langsung memimpin balapan sejak Tikungan 1.

Quartararo begitu dominan. Hanya beberapa lap, selisihnya dari posisi kedua terus meninggkat. Puncaknya ia konsisten punya gap sekitar 7 detik.

Valentino Rossi juga melakukan start dengan baik. Dia naik dari posisi keempat ke ketiga. Sementara Maverick Vinales yang berada di urutan kedua sempat ingin menyalip Quartararo di tikungan terakhir lap 1.

Tapi ia melebar dan justru diasapi Rossi. Usai momen ini, kecepatan Vinales terus menurun. Dia pun harus keluar dari tiga besar.

Hal sama juga dialami Rossi. Sempat nyaman berada di urutan kedua, ia disalip anak didiknya di akademi VR46, Pecco Bagnaia. Kemudian Rossi juga sempat terancam oleh Franco Morbidelli di posisi keempat.

Tapi rider yang juga anak didik Rossi di VR46 itu harus dibebat kendala teknis pada motor Yamaha YZR-M1, sehingga harus gagal finis. Drama berikutnya mengenai problem teknis dirasakan Bagnaia.

Podium pertama perdana di ajang MotoGP seketika sirna ketika motor Ducati Desmosedici miliknya tiba-tiba mengeluarkan banyak asap. Padal ia sangat nyaman di urutan kedua. 

Penghujung lomba tim pabrikan Yamaha ini sukses meraih podium utama, duel antara Valentino Rossi versus Vinales untuk memperebutkan posisi kedua jadi pemandangan menarik. Sayangnya The Doctor gagal bertahan di posisi kedua. Sedangkan Fabio Quartararo masih kokoh di posisi pertama di MotoGP Andalusia.