Sukses


10 Fakta Menarik MotoGP Andalusia: Banjir Rekor Fabio Quartararo dan Valentino Rossi

Bola.com, Jakarta - Kejutan tercipta dalam gelaran MotoGP Andalusia 2020 di Sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020). Fabio Quartararo kembali meraih podium utama seperti pada seri sebelumnya di MotoGP Jerez pekan lalu.

Selain itu, Valentino Rossi kembali ke podium dengan finis di peringkat ketiga setelah 17 seri sebelumnya sejak musim 2019 tak berhasil meraih podium sama sekali.

Setelah menjadi yang tercepat dalam seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez pada pekan lalu, Fabio Quartararo berhasil kembali menjadi yang tercepat di MotoGP Andalusia yang digelar di sirkuit yang sama.

Pembalap Yamaha SRT itu mengungguli dua pembalap dari tim pabrikan Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, yang meraih podium kedua dan ketiga.

Satu hal yang menarik dari balapan di MotoGP Andalusia ini, sejumlah rekor diciptakan oleh Fabio Quartararo dan Valentino Rossi. Tapi juga ada catatan yang dibuat oleh rider Repsol Honda, Marc Marquez.

Berikut 10 fakta menarik MotoGP Andalusia 2020:

 

 

Video

2 dari 6 halaman

Fakta Menarik MotoGP Andalusia 2020

1. Quartararo merupakan pebalap pertama yang mampu meraih empat pole beruntun untuk tim satelit di era MotoGP. Ia juga merupakan pebalap Yamaha pertama yang sukses meraih empat pole atau lebih secara beruntun sejak Jorge Lorenzo pada 2010.

2. Quartararo menjadi rider termuda kedua (21 tahun 97 hari) yang mampu meraih dua kemenangan beruntun di kelas tertinggi setelah Marc Marquez (20 tahun 154 hari) dan mematahkan rekor Freddie Spencer (21 tahun 104 hari)

3 dari 6 halaman

Fakta Menarik MotoGP Andalusia 2020

3. Pebalap tim satelit terakhir yang sukses merebut dua kemenangan beruntun sebelum Quartararo adalah Marco Melandri, yang memenangi MotoGP Turki dan Valencia pada 2005, saat ia masih membela Telefonica Movistar Honda.

4. Quartararo merupakan pebalap Prancis tersukses dalam sejarah MotoGP. Tiga rider Prancis yang pernah meraih kemenangan di kelas tertinggi adalah Pierre Monneret, Christian Sarron, dan Regis Laconi, yang masing-masing hanya meraih satu kemenangan.

4 dari 6 halaman

Fakta Menarik MotoGP Andalusia 2020

5. Quartararo juga menjadi pebalap pertama yang mampu meraih dua kemenangan beruntun di sirkuit yang sama, mengingat MotoGP Spanyol dan MotoGP Andalusia 2020 sama-sama digelar di Sirkuit Jerez.

6. Podium Rossi di Jerez adalah podium perdananya di MotoGP sejak finis kedua di Austin, Texas, pada April 2019.

5 dari 6 halaman

Fakta Menarik MotoGP Andalusia 2020

7. Podium ini juga sekaligus podium ke-199 Rossi di kelas tertinggi. Podium pertamanya juga ia raih di Sirkuit Jerez dalam balapan GP500 Spanyol pada 2000.

8. Dengan finis ketiga di Jerez, Rossi menjadi pebalap tertua ketujuh (41 tahun 159 hari) sepanjang sejarah kelas tertinggi yang pernah naik podium.

6 dari 6 halaman

Fakta Menarik MotoGP Andalusia 2020

9. Ini adalah pertama kalinya Yamaha menyapu bersih podium MotoGP sejak balapan di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada 2014. Kala itu, Jorge Lorenzo meraih kemenangan, Rossi finis kedua, dan Bradley Smith finis ketiga.

10. Untuk pertama kali dalam kariernya di MotoGP, Marc Marquez harus absen balapan, akibat cedera patah tulang lengan atasnya yang belum pulih. Ini juga merupakan pertama kalinya Marquez absen balapan sejak Moto2 Valencia 2011, saat ia masih menjalani pemulihan cedera mata.

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 27/7/2020)

Video Populer

Foto Populer