Sukses


Tim Yamaha Dominasi MotoGP Andalusia Ternyata karena Trik Ban, Menyalahi Aturan?

Bola.com, Jerez - Pengendara Yamaha YZR-M1: Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi berturut-turut finis 1-2-3 pada seri kedua MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (26/7/2020) lalu.

Usut punya usut, tim Yamaha ternyata melakukan trik ban pada balapan bertajuk MotoGP Andalusia tersebut. Hal inilah alasan Quartararo bisa langsung membuat gap lebar sejak awal balapan.

Trik ban tersebut adalah menggosok ban belakang kompon lunak pada sesi warm-up MotoGP Andalusia atau pemanasan sebelum balapan pada Minggu pagi. Teknik menggosok ban ke aspal ini berlangsung tiga lap.

Rinciannya: lap pertama motor melaju sangat lambat, lap kedua sangat cepat dan berlanjut ke lap ketiga atau terakhir. Kemudian ban belakang ini dibiarkan dingin sebelum diselimuti.

Reaksi kimia pun terjadi pada karet ban. Ini membuat ban jadi lebih tahan panas dengan jangkauan kinerja 10 derajat celsius lebih dingin ketimbang ban yang tidak melakukan teknis penggosokan.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Tidak Menyalahi Aturan

Trik ban yang dilakukan Yamaha diketahui tidak menyalahi aturan. Karena sebagai pemasok ban tunggal MotoGP, Michelin telah mengirimkan trik ini ke semua tim sebelum sesi warm-up MotoGP Andalusia.

Namun dalam praktiknya, hanya pembalap Yamaha plus Alex Rins dari Suzuki yang menerapkannya. "Dari waktu ke waktu, kami membuat rekomendasi kepada tim yang kami yakini dapat membantu mereka," ucap juru bicara Michelin dikutip dari Motorsport.com.

"Tapi soal mereka mengikuti atau tidak, kami kembalikan ke tim masing-masing. Prosedur ini (menggosok ban ke aspal) membuat senyawa lebih tahan panas dan dapat mengurangi suhu hingga 10 derajat," lanjutnya.

Fabio Quartararo sendiri membenarkan dirinya melakukan trik ban pada balapan MotoGP Andalusia. Jika biasanya ia balapan memakai ban yang benar-benar baru, di MotoGP Andalusia, motor Yamaha YZR-M1 miliknya menggunakan ban yang sudah melalui proses penggosokan aspal saat warm-up.

"Ini memang memberikan efek dan saya ingin memberikan selamat kepada tim," Quartararo menerangkan.

Sumber: Motorsport

Video Populer

Foto Populer