3 Faktor yang Bisa Menentukan Bisa atau Tidaknya Marc Marquez Mempertahankan Titel Juara Dunia MotoGP 2020

Oleh Hendry Wibowo pada 31 Jul 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 31 Jul 2020, 09:00 WIB
Marc Marquez (Bola.com/Adreanus Titus)
Marc Marquez memulai MotoGP 2020 dengan buruk. (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jerez - Marc Marquez memulai MotoGP 2020 dengan buruk. Pembalap Repsol Honda ini tidak finis pada seri pertama MotoGP Jerez.

Kemudian pada seri kedua MotoGP Andalusia, ia harus absen akibat baru saja menjalani operasi pada lengan kanan.

Kini setelah MotoGP 2020 menggelar dua putaran, Marc Marquez masih belum mencetak poin. Artinya ia tertinggal 50 poin dari pemuncak klasemen, Fabio Quartararo.

Livio Suppo, eks manajer tim Repsol Honda atau tim tempat Marquez bernaung, menilai ada tiga faktor yang bisa menentukan bisa atau tidaknya kakak Alex Marquez itu jadi juara dunia MotoGP 2020.

Pertama adalah kondisi fisik pembalap asal Spanyol itu saat kembali mengaspal di Sirkuit Brno, Republik Ceska, 9 Agustus nanti.

"Jika ia kembali ke Brno dengan kondisi hampir sepenuhnya sembuh, semuanya masih mungkin. Masalahnya adalah mencari tahu kapan ia bisa benar-benar 100 persen fit," Suppo menerangkan.

2 dari 3 halaman

Faktor Kedua dan Ketiga

Marc Marquez
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, setelah menjalani tes medis di Sirkuit Jerez, Kamis (23/7/2020). (AFP/STR)

Sementara itu untuk faktor kedua adalah fakta motor Yamaha YZR-M1 memiliki potensi besar untuk mengalami masalah teknis. Hal ini dirasakan Valentino Rossi pada MotoGP Jerez. Kemudian Franco Morbidelli di MotoGP Andalusia.

"Anda juga perlu mempertimbangkan masalah Yamaha dengan mesin. Jika mereka mulai melakukan nol poin karena motor tidak dapat diandalkan, maka persaingan bisa terbuka lagi," Suppo menerangkan.

Faktor ketiga yaitu tim Ducati yang belum bisa memaksimalkan performa motor Desmosedici GP20. Cukup melihat fakta Andrea Dovizioso bisa finis ketiga pada MotoGP Jerez, tapi sangat kesulitan saat MotoGP Andalusia.

Suppo menyebut jika Ducati sudah menemukan solusi pada motor, sosok Dovizioso bisa semakin memperberat kans Marc Marquez untuk mempertahankan gelar.

"Saya pikir di trek yang menguntungkannya, Dovizioso akan melakukan apa yang telah dilakukkan beberapa musim terakhir," Suppo menjelaskan.

 

Sumber: Tuttomotoriweb

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Franco Morbidelli Tercepat di MotoGP San Marino, Valentino Rossi Gagal Podium