Sukses


5 Hal Bisa Dipelajari dari Dua Latihan Bebas MotoGP Republik Ceska: Ducati Biasa Saja, Lantas Siapa Favorit?

Bola.com, Jakarta - Rangkaian MotoGP Republik Ceska di Sirkuit Brno yang merupakan balapan seri ketiga musim ini telah dimulai hari Jumat (7/8/2020).

Pada FP1, pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami berada di posisi pertama. Nama-nama pembalap non unggulan bisa berada di atas.

Sebut saja Joan Mir urutan kedua dan Pol Espargaro posisi ketiga. Gap antara posisi 1-3 tidak sampai 0,1 detik.

Pada FP2, giliran posisi 1-4 yang tidak berselisih sampai 0,1 detik. Hanya saja kini pimpinan klasemen, Fabio Quartararo mulai unjuk gigi.

Pembalap Petronas Yamaha SRT itu finis pertama dan disusul rekan setimnya, Franco Morbidelli di urutan kedua. Ini merupakan sinyal nama Quartararo kemballi unggulan untuk balapan MotoGP Republik Ceska.

Ke mana pembalap Ducati? Siapa pembalap berpotensi buat kejutan? Berikut analisa Bola.com mengenai 5 hal yang bisa dipelajari dari dua sesi latihan bebas MotoGP Republik Ceska.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 6 halaman

1. Ducati Biasa Saja

Awalnya Sirkuit Brno disebut sebagai trek yang akan menguntungkan pembalap pengendara motor Ducati Desmosedici. Namun pada dua latihan bebas MotoGP Republik Ceska, Jumat (7/8/2020), para pembalap Ducati justru menunjukkan performa biasa saja.

Pada FP1, duo pabrikan Ducati: Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci hanya menempati posisi enam dan tujuh. Jack Miller yang biasanya kompetitif juga hanya berada di posisi 14.

Pada FP2, Dovizioso semakin memburuk dengan terbenam di urutan 15. Yang menarik, justru Johann Zarco jadi pembalap Ducati terbaik. Di FP1 dan FP2, ia selalu finis keempat.

3 dari 6 halaman

2. Fabio Quartararo Masih Unggulan

Fabio Quartararo sempet melempem di FP1 dengan hanya finis ke-12. Tapi pada FP2, ia bangkit dan berstatus pembalap tercepat.

Catatan waktunya pun begitu fantastis, 1 menit 56,502 detik. Hal ini merupakan indikasi, nama Quartararo masih jadi unggulan utama di MotoGP Republik Ceska.

4 dari 6 halaman

3. Yamaha Kompetitif

Secara keseluruhan, pembalap Yamaha kembali membuktikan bisa kompetitif di Sirkuit Brno. Pada FP2, posisi 1-2 bahkan diisi Quartararo dan rekan setimnya, Franco Morbidelli.

Maverick Vinales juga selalu konsisten berada di atas. Valentino Rossi seperti biasa belum terlalu menjanjikan pada latihan bebas.

Pada FP1, ia hanya finis delapan. Lalu urutan 12 di FP2. Namun selisih Rossi dari pembalap yang berada di atas tidak terlalu jauh.

5 dari 6 halaman

4. Joan Mir dan Suzuki Punya Potensi

Paling menyita perhatian selama latihan bebas adalah pembalap Suzuki, Joan Mir. Di FP1, ia bisa finis kedua. Lalu urutan kelima FP2 dan sempat memimpin cuukup lama.

Konsistensi. Inilah yang diperlihatkan Joan Mir. Jika terus berlanjut sampai balapan hari Minggu, pembalap asal Spanyol ini setidaknya punya kans finis tiga besar.

6 dari 6 halaman

5. Perhatikan Nama-nama Kejutan

Pada dua latihan bebas MotoGP Republik Ceska, beberapa nama-nama bisa buat kejutan. Selain Joan Mir, Takaaki Nakagami sempat jadi tercepat di FP1. Pol Espargaro berada di urutan ketiga.

Pada FP2, giliran Miguel Oliveira dan Zarco berada di atas. Kehadiran nama-nama seperti ini berpotensi meramaikan persaingan pada balapan nanti.

 

Video Populer

Foto Populer