Sukses


MotoGP Portimao Portugal Resmi Jadi Seri Penutup Musim 2020, Total Ada 15 Balapan

Bola.com, Jakarta Balapan MotoGP 2020 resmi akan ditutup dengan seri final di Portugal. Balapan terakhir itu akan digelar di Portimao, dengan menggunakan sirkuit Autódromo Internacional do Algarve.  

Dengan tambahan seri Portugal ini, MotoGP 2020 total terdiri atas 15 seri dan semuanya digelar di Eropa. Semua seri di luar Eropa sudah resmi dibatalkan karena efek pandemi Covid-19.

FIM, IRTA dan Dorna Sports pada pengumuman resmi mengenai seri final MotoGP 2020, Senin (10/8/2020), mengatakan MotoGP Portugal itu akan digelar pada 20-22 November. Balapan Moto2 dan Moto3 juga akan menyertai seperti biasanya. 

Autódromo Internacional do Algarve sudah menjadi tuan rumah balapan Superbike selama bertahun-tahun. Namun, tahun ini akan menjadi debut sirkuit tersebut sebagai tuan rumah Grand Prix. 

Portugal pernah menjadi tuan rumah MotoGP, namun menghilang dari kalender sejak 2012. Saat itu, balapan MotoGP Portugal digelar di Sirkuit Estoril. 

Kembalinya MotoGP Portugal, meskipun bukan menggunakan sirkuit yang sama, diyakini akan disambut antusias oleh para pembalap. Sirkuit ini memiliki 15 tikungan, terdiri sembilan kanan dan enam kiri. 

 

 

2 dari 3 halaman

Sangat Antusias

Managing Director Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta, mengaku puas dengan masuknya seri Portugal sebagai penutup MotoGP 2020. 

"Kami menandatangani kesepakatan dengan Portimao pada 2017 sebagai sirkuit cadanfan untuk setiap pembatalan dan selama ini kami selalu berhubungan dengan mereka," kata Ezpeleta, seperti diansir situs MotoGP. 

"Kami sudah menggunakan Portomao untuk Superbike dan kami pikir ini peluang luar biasa bagi kami. Perjanjian tersebut memberikan kemungkinan untuk memakai kembali trek setelah putaran Superbike. Ketika kami memberi tahu para pembalap, mereka sangat senang karena mereka melihat treknya di TV, tapi kami belum pernah ke sana," imbuh Espeleta. 

Managing Director Autódromo Internacional do Algarve, Paulo Pinheiro, juga tak kalah antusias. "Kami akan bekerja menyambut fans. Kami akan mulai dengan kapasitas 30 ribu orang untuk akhir pekan Grand Prix dan kemudian kami akan memutuskan dengan Dorna dan otoritas kesehatan pada fase berikutnya," tutur Pinheiro. 

"Kami kesulitan menemukan kata-kata yang tepat untuk mengekpresikan betapa kami gembira mendapat balapan ini," imbuh Pinheiro.  

 

3 dari 3 halaman

Kalender Terbaru MotoGP 2020

19 Juli: MotoGP Spanyol (Sirkuit Jerez)

26 Juli: MotoGP Andalusia (Sirkuit Jerez)

9 Agustus: MotoGP Republik Ceska (Sirkuit Brno)

16 Agustus: MotoGP Austria (Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg)

23 Agustus: MotoGP Styrian (Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg)

13 September: Moto GP San Mariono (Sirkuit Misano)

20 September: MotoGP Emilia Romagna and Della Riviera (Sirkuit Misano)

27 September: MotoGP Catalunya (Sirkuit Barcelona-Catalunya)

11 Oktober: MotoGP Prancis (Sirkuit Le Mans(

18 Oktober: MotoGP Aragon (Sirkuit Aragón)

25 Oktober: MotoGP Teruel(Sirkuit Aragon)

8 November: MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia)

15 November: MotoGP Comunitat Valenciana (Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia)

22 November: MotoGP Portugal (Sirkuit Portimao)

Ket: Dimiringkan sudah berlangsung   

Sumber: Speedweek, MotoGP 

 

Video Populer

Foto Populer