Pengamat MotoGP: KTM dan Brad Binder Berjaya Berkat Andil Tim Honda

Oleh Hendry Wibowo pada 11 Agu 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 11 Agu 2020, 15:00 WIB
Brad Binder
Brad Binder raih juara di MotoGP Ceko (Joe Klamar/AFP)

Bola.com, Jakarta - Sebagai pabrikan baru di ajang MotoGP, KTM akhirnya merasakan kemenangan pada musim keempatnya mengaspal di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Kemenangan semakin spesial lantaran diraih seorang rookie Brad Binder pada balapan seri ketiga MotoGP 2020 di Sirkuit Brno, Republik Ceska, Minggu (9/8/2020) lalu.

Banyak yang memuji kiprah KTM dan Binder. Tak terkecuali pengamat MotoGP, Carlo Pernat. Menurutnya KTM bisa merasakan sukses di MotoGP Republik Ceska berkat andil Honda.

Yang dimaksud Pernat adalah keputusan Honda melepas Dani Pedrosa dan menjadi pembalap penguji KTM. Menurutnya rider asal Spanyol itu punya kontribusi besar mengembangkan motor tim pabrikan asal Austria itu.

"Semua keraguan saya terhadap KTM kini telah berakhir. Ini hasil dari strategi Alberto Puig (manajer tim Repsol Honda) dan Honda," kata Pernat.

"Keputusan mereka membuat Pedrosa pergi dan membiarkannya jadi pembalap penguji KTM, ini merupakan kunci dari kesuksesan," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Sindiran

Brad Binder
Brad Binder juarai MotoGP Ceko (AFP)

Pernyataan Pernat merupakan sindiran kepada tim Honda. Karena pabrikan asal Jepang itu berani mendepak pembalap dengan segudang pengalaman untuk menjadi rider penguji di pabrikan rival.

Kini sebaliknya, Honda sedang merasakan periode buruk usai ditinggal Marc Marquez akibat cedera. Terbukti Alex Marquez dan pembalap pengganti Marc, Stefan Bradl tidak bisa tampil kompetitif.

"Selamat buat KTM dan juga Binder, yang berlomba bak pembalap berpengalaman bukan sebagai seorang rookie," Pernat menerangkan.

Sumber: GPOne.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Hasil Seri Terakhir MotoGP 2020, Miguel Oliveira Tercepat