Awal yang Berantakan bagi Valentino Rossi di MotoGP Austria

Oleh Yus Mei Sawitri pada 15 Agu 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 15 Agu 2020, 07:00 WIB
MotoGP Andalusia
Pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. (AP Photo/David Clares)

Bola.com, Jakarta Duo pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, menjalani hari pertama yang sulit di MotoGP Austria 2020. Rossi berharap latihan bebas ketiga (FP3) pada Sabtu (15/8/2020) berlangsung di lintasan kering alias tak direcoki hujan. 

Valentino Rossi hanya menempati posisi ke-13 pada latihan bebas pertama (FP1), Jumat (14/8/2020), sedangkan Vinales menempati urutan ke-11. Pada FP2, ada peningkatan tapi tidak signifikan. Rossi menghuni posisi kesembilan, sedangkan Vinales kedelapan. 

Setelah mencatatkan hasil mengecewakan pada FP1, Rossi berharap bisa menemukan setelan yang tepat pada FP2. Namun, rencananya buyar. 

Rossi kesulitan mencari setinggan yang tepat pada FP2 karena guyuran hujan. Ia dan sebagian pembalap bahkan baru turun ke lintasan setelah FP2 tersisa lima menit. 

"Kami tak terlalu jauh dari yang terbaik. Tapi,  kami masih punya pekerjaan dan memperbaiki di berbagai aspek, karena kami melihat pada tahun ini mereka semua sangat kuat," kata Rossi, seperti dilansir Tuttomoriweb.  

"Pada FP1 lintasan benar-benar kering dan kami dapat berkerja. Kami berharap mencoba hal berbeda pada sesi kedua, tapi sangat sulit karena hujan," kelur Valentino Rossi

 

2 dari 3 halaman

Kuncinya di Pengereman

Valentino Rossi
Valentino Rossi berbincang dengan kepala kru timnya di sela-sela rangkaian MotoGP Andalusia. JAVIER SORIANO / AFP

Valentino Rossi sudah mengetahui aspek yang harus diperbaiki pada motor M1 miliknya supaya bisa melaju kencang di Sirkuit Red Bull Ring saat balapan Minggu (16/8/2020). 

"Kami perlu memperbaiki di sektor ketiga trek. Kunci pada trek ini adalah pengereman. Anda harus sangat kuat dan motor harus seimbang," kata pembalap pengoleksi sembilan gelar juara dunia itu. 

Pembalap asal Italia itu hanya bisa berharap cuaca lebih bersahabat pada latihan bebas ketiga supaya bisa memperbaiki catatan waktunya. Ia harus bekerja keras jika ingin lolos ke langsung ke kualifikasi kedua (Q2). 

"Sekarang kami berharap latihan bebas ketiga berlangsung di lintasan kering, karena sangat krusial masuk ke 10 besar, karena saat kualifikasi diperkirakan hujan. Jika tetap seperti ini, apa pun bisa terjadi," tutur Rossi. 

Sumber: Tuttomoriweb

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Franco Morbidelli Juara di MotoGP Teruel, Duo Rider Suzuki Kembali Podium