Sukses


4 Hal Perlu Diketahui dari MotoGP Styria, Soal Makna Nama sampai Balapan ke-900 Kelas Premier

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Red Bull Ring, Austria untuk kali kedua dalam kurun waktu dua pekan berturut-turut akan kembali balapan MotoGP 2020. Hanya saja tajuk lomba berubah. 

Dari MotoGP Austria akhir pekan lalu, untuk akhir pekan ini, tajuk balapan adalah MotoGP Styria. Ada banyak catatan menarik menuju MotoGP Styria. 

Di antaranya adalah catatan fantastis mengenai balapan ke-900 kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor. Tentu siapa saja pemenangnya, akan masuk ke buku sejarah. 

Lantaran status di atas pula, dari pembalap muda seperti Fabio Quartararo atau Brad Binder sampai pembalap senior Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi punya hasrat besar untuk finis pertama MotoGP Styria. 

Lantas apa saja hal yang perlu diketahui jelang balapan MotoGP Styria, Minggu nanti? Berikut Bola.com sudah mengumpulkan 4 hal yang perlu Anda ketahui mengenai balapan ke-900 ajang MotoGP ini.  

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 5 halaman

Kenapa Bernama MotoGP Styria?

Lantaran balapan akhir pekan lalu di Sirkuit Red Bull Ring berstatus MotoGP Austria, maka akhir pekan ini saat lomba berlangsung pada sirkuit sama, tajuk balapan harus berbeda.

MotoGP Styria pun dipilih. Styria adalah sebuah negara bagian di Austria yang beribu kota di Graz. Kebetulan Sirkuit Red Bull Ring terletak di Spielberg yang merupakan masuk ke negara bagian Styria.

3 dari 5 halaman

Balapan ke-900

Balapan MotoGP Styria Minggu nanti bakal jadi lomba ke-900 kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor. Tercatat 71 tahun yang lalu, Isle of Man TT menggelar balapan pertama kelas 500cc (nama yang digunakan sebelum MotoGP).

Adapun balapan ke-899 digelar di MotoGP Austria dan dimenangkan oleh Andrea Dovizioso. Jadi siapa pembalap yang finis pertama pada lomba ke-900 di MotoGP Styria? Sangat menarik untuk ditunggu.

4 dari 5 halaman

Tikungan 3

Untuk antisipasi kejadian nyaris terhajarnya Maverick Vinales dan Valentino Rossi dengan motor Johann Zarco dan Franco Morbidelli pada balapan akhir pekan lalu, khusus untuk MotoGP Styria, penyelenggara meningkatkan aspek keselamatan di Tikungan 3.

Dinding pembatas sirkuit dan bantalan dibuat lebih panjang. Sehingga jika ada motor yang terhempas saat masuk Tikkungan 3, tidak lagi mengancam pembalap lain tapi bakal berakhir di dinding pembatas itu.

5 dari 5 halaman

Valentino Rossi 200 Podium

MotoGP Styria bakal jadi kesempatan berikutnya untuk Valentino Rossi merasakan podium ke-200 di kelas tertinggi.

Jika bisa meraihnya pada balapan ini tentu bakal terasa spesial lagi. Karena MotoGP Styria merupakan balapan ke-900 kelas premier.

Video Populer

Foto Populer